Home Nasional Bendung Katulampa Siaga, Jakarta Waspada Banjir

Bendung Katulampa Siaga, Jakarta Waspada Banjir

319
ilustrasi

 

Bogor, 26/12 (Beritajateng.net) – Ketinggian permukaan air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat petang mengalami peningkatan yakni 120 centi meter (cm) atau siaga tiga banjir untuk wilayah Jakarta.

“Air bertahan 120 cm dari pukul 17.00 WIB, sudah satu jam air lamanya,” kata Kepala Pelaksana Harian Bendung Katulampa, Andi Sudirman, Jumat.

Andi mengatakan, diperkirakan air akan bertahan dan berkemungkinan surut seiring dengan intensitas hujan di kawasan Puncak yang sudah mulai mereda.

“Sudah satu jam bertahan 120 cm, kemungkinan surut karena hujan sudah mereda,” katanya.

Ia mengatakan, informasi kenaikan permukaan air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa telah disampaikan kepada pihak berwenang yang ada di wilayah Jakarta.

Menurutnya, meski di kawasan Depok ketinggian air normal 120 dan Manggarai 680 cm, dalam waktu 12 jam air akan tiba di Jakarta.

Dikatakannya, status ketinggian permukaan air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa kerap mengalami kenaikan sejak akhir November dengan ketinggian tertinggi 190 cm.

“Di bulan Desember, ini ketinggian yang cukup tinggi yang terjadi hari ini yakni 120 cm,” katanya.

Ia mengatakan, sudah satu pekan ini, ketinggian permukaan air di Bendung Katulampa selalu berstatus siaga empat banjir. Hal ini terjadi seiring dengan hujan yang sering terjadi setiap sore hari khususnya di wilayah Puncak.

Menurut Andi, hujan akan terus melawan wilayah Bogor selama bulan Desember hingga Januari, oleh karena itu masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung diminta mewaspadai kenaikan air secara tiba-tiba.

“Kami berkoordinasi dengan BMKG terkait cuaca, saat ini Bogor sudah memasuki musim hujan. Hujan akan terus terjadi selama bulan Desember hingga Januari,” kata Andi.(ant/BJ03)