Home Nasional Bencana Asap : Belum Ada Penetapan Bencana Asap Sebagai Bencana Nasional (1)

Bencana Asap : Belum Ada Penetapan Bencana Asap Sebagai Bencana Nasional (1)

Kebakaran hutan

SAAT ini beberapa pihak menginginkan agar bencana asap akibat karhutla dijadikan bencana nasional.

Menurut Kapuadatin Humas BNPB, Sutopo Purwonugroho, di UU No. 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana, pasal 7 (2) disebutkan penetapan status dan tingkat bencana nasional dan daerah memuat indikator jumlah korban, kerugian harta benda, kerusakan sarana dan prasarana, cakupan luas wilayah yang terkena bencana, dan dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan.

“Penetapan status darurat bencana untuk skala nasional dilakukan oleh Presiden, skala provinsi oleh Gubernur, dan skala kabupaten/kota oleh Bupati/Walikota. Ketentuan penetapan status dan tingkatan bencana diatur dengan Peraturan Presiden (PP),” terangnya.

Sutopo mengatakan, Hingga saat ini PP tersebut belum ditetapkan karena belum adanya kesepakatan berbagai pihak.

“Draft PP atau Raperpres Penetapan Status dan Tingkatan bencana ini sudah dibahas lintas sektor dan lembaga non-pemerintah sejak tahun 2009 hingga sekarang. Berulangkali dibahas dengan Unsur Pengarah BNPB bahkan dilakukan workshop nasional. Namun belum ada kesepakatan,” tambahnya.
 
Yang dimaksud Tingkatan Bencana lanjut Sutopo, adalah keadaan di suatu tempat yang terlanda oleh jenis bencana tertentu dan dinilai berdasarkan jumlah korban, kerugian harta benda, kerusakan prasarana-sarana, cakupan wilayah dan dampak sosial ekonomi, yang dibedakan menjadi lokal, daerah dan nasional.

“Status Bencana membedakan bencana ringan, sedang dan berat sesuai indikator tersebut,” tambahnya. (BJ/Bersambung)