Home News Update Belum Setahun Diperbaiki Talud Jembatan Ploso Ambrol Lagi

Belum Setahun Diperbaiki Talud Jembatan Ploso Ambrol Lagi

Talud Jembatan Ploso kembali amrol, meski belum ada setahun di perbaiki. Foto/Bj14
Talud Jembatan Ploso kembali amrol, meski belum ada setahun di perbaiki. Foto/Bj14
Talud Jembatan Ploso kembali amrol, meski belum ada setahun di perbaiki. Foto/Bj12

Kudus, 20/1 (Beritajateng.net)- Talut Jembatan Ploso yang menghubungkan Kudus dan Jepara Selasa (20/1) ambrol. Padahal, jembatan tersebut baru diperbaiki pada Mei 2014 menggunakan dana dari APBD Kudus 2014 sebesar Rp 250 juta.

Akibat ambrolnya talud jembatan yang berada di Desa Ploso Kecamatan Kota tersebut, arus lalu lintas terhambat. Untuk sementara, kendaraan roda empat maupun roda dua dilarang melintas sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Pada awal tahun 2014 lalu atau pada saat terjadi bencana banjir melanda Kabupaten Kudus, talud jembatan Ploso ambrol akibat derasnya air Sungai Gelis. Mengingat sangat vitalnya fungsi jembatan tersebut, Mei 2014 Pemkab Kudus melalui Dinas Bina Marga Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral (BMPESDM) memprioritaskan melakukan perbaikan.

Namun, belum setahun dilakukan perbaikan, jembatan yang menjadi andalan trnsportasi warga Kudus maupun Jepara ini kembali tidak dapat dilewati. Belum diketahui secara pasti apa penyebab ambrolnya talud tersebut.

Kepala Seksi Perawatan Jalan dan Jembatan Dinas BMP ESDM Kabupaten Kudus Wisnu Aragani kepada sejumlah awak media mengatakan, ambrolnya talud tersebut dikarenakan besarnya debit air Sungai Gelis seiring hujan deras yang mengguyur wilayah Kudus dalam beberapa hari terakhir.

”Karena debit air besar sehingga menggerus bagian bawah jembatan dan akhirnya meretakkan pondasi jembatan. Tahun lalu yang perlu diperkuat sudah kita lakukan tapi karena memang saat itu proses perbaikan darurat dan ini di luar dugaan kita,” katanya.

Terkait kejadian ini menurut Wisnu akan dilakukan perbaikan darurat. Dana perbaikan Jembatan Ploso tahun 2015 sudah dianggarkan melalui APBD Kudus 2015. Hanya saja, dia tidak merinci berapa besaran anggaran yang disediakan dan kapan akan dimulai.”Rencananya akan dibangun lagi,” katanya singkat. (bj12)