Home Headline Belajar Antisipasi Kebakaran, Anak-anak TK Al Firdaus Kunjungi Kantor Damkar Semarang

Belajar Antisipasi Kebakaran, Anak-anak TK Al Firdaus Kunjungi Kantor Damkar Semarang

1729
Anak-anak TK Al-Firdaus menjajal pakaian Pemadam Kebakaran.

Semarang, 13/3 (BeritaJateng.net) – Mengenalkan pembelajaran dini tentang kebakaran, sebanyak 150 anak-anak TK Al-Firdaus mengunjungi Kantor Dinas Kebakaran Kota Semarang di Jalan Madukoro Semarang.

Kundarti Ari, Kepala Sekolah TK Al Firdaus Semarang menyampaikan bahwa kegiatan belajar di luar sekolah tersebut untuk mengenalkan kepada anak-anak penjelasan bertema Air, Api dan Udara. Untuk mengenalkan kepada anak-anak tersebut maka diselenggarakan kunjungan ke Kantor Dinas Kebakaran Semarang, agar mendapatkan penjelasan tentang hal tersebut.

“Ini adalah penjelasan dari pembelajaran tema Udara, Api dan Air dari sekolahan. Dan di Pemadam Kebakaran ini seluruhnya ada, mereka dapat mengenali Api, Udara dan Air,” terangnya.

Menurutnya, anak-anak diberikan penjelasan api, udara, dan air, yang baik dan buruk digunakan seperti apa. Dijelaskan juga kepada mereka apa yang harus dilakukan jika ada api yang besar atau berlebihan.

Tidak hanya mendapatkan penjelasan saja, mereka juga dikenalkan alat-alat yang digunakan oleh pemadam kebakaran, seperti baju, sarung tangan, masker, helm, selang pemadam, hingga merasakan sensasi naik mobil Pemadam Kebakaran.

“Dengan adanya belajar di Kantor Pemadam Kebakaran ini, berharap anak-anak menjadi lebih tahu bagaimana berbahayanya api jika digunakan berlebihan, dan langkah apa saja yang perlu dilakukan jika ada kebakaran disekitar,” harapnya.

Para siswa TK Al-Firdaus juga mencoba menaiki mobil pemadam kebakaran di Kantor Damkar Semarang.
Para siswa TK Al-Firdaus juga mencoba menaiki mobil pemadam kebakaran di Kantor Damkar Semarang.

Sementara itu, Daniar, Staf Bidang Pemberdayaan dan Partisipasi Masyarakat Dinas Kebakaran Semarang mengaku sangat senang dengan kehadiran adik-adik TK Al Firdaus. Ia menjelaskan bagaimana bahayanya api jika digunakan sembarangan bagi anak-anak secara dini.

“Kami jelaskan pengenalan alat-alat yang digunakan oleh petugas pemadam kebakaran. Kami kenalkan alat seperti baju pemadam, helem, masker, sarung tangan, selang pemadam hingga mobil pemadam kebakaran, selain itu mereka juga diberikan langkah apa yang baik jika terjadi kebakaran, seperti dapat menghafalkan nomer pemadam kebakaran 113,” terang Daniar. (AK/El)

Advertisements