Home Headline Bekas Lokasi PKL Kartini Jadi Taman Kota

Bekas Lokasi PKL Kartini Jadi Taman Kota

Bekas lokasi PKL Kartini kini jadi taman.foto/Bj05
Bekas lokasi PKL Kartini kini jadi taman.foto/Bj05
Bekas lokasi PKL Kartini kini jadi taman.foto/Bj05

Semarang, 14/1 (beritajateng.net) – Dinas Pasar kota Semarang berhasil mengubah lokasi PKL Kartini dan mentyulapnya menjadi taman kota.

PKL Kartini yang mayoritas merupakan pedagang batu mulia (akik) dan pedagang hewan (burung dan unggas) telah berhasil di pindahkan. Pedagang batu mulia dipindahkan ke pasar Dargo   dengan luasan 892,74 meter yang berada di lokasi blok C lantai 1, sedangkan pedagang hewan dipindahkan ke pasar Karimata.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pasar Kota Semarang Trojoto Sardjoko usai mengikuti rapat penataan PKL bersama Komisi B DPRD Kota Semarang.

Menurut Trijoto, perubahan tempat PKL kartini menjadi taman kota harus dilakukan agar pedagang tidak kembali menempati lokasi tersebut. Bahkan pada pinggir taman juga telah dipasang kawat berduri.

“Mengenai PKL yang masih bandel berjualan disepanjang jalan kartini sehingga menutup setengah bahu jalan maka akan ditindak tegas, kami telah melakukan koordinasi dengan satpol PP kota Semarang,” paparnya.

Sementara itu, Kabid Penindakan Perda Satpol PP Kota Semarang, Aniceto da Silva mengatakan, pihaknya selama empat tahun telah menerapkan prosedur sesuai SOP (Standart Operasional), sehingga penertiban PKL yang dilakukan itu tidak menyalahi hukum atau menggunakan tindak kekerasan, bahkan sudah tersosialisasi dengan baik sebelum ada penertiban.

“Pasar Kartini sudah menjadi wewenang satpol PP bukan tanggung jawab dinas pasar kota Semarang lagi, penertiban pasar Kartini hingga saat ini telah terkoordinir dengan baik. Namun apabila masih ada pedagang kaki lima bandel yang masih berjualan di sepanjang jalan tersebut maka akan kami tindak tegas,” ujarnya. (Bj05)