Home Ekbis Begini Penampakan 11 Uang Rupiah Baru dengan Wajah Pahlawan Indonesia

Begini Penampakan 11 Uang Rupiah Baru dengan Wajah Pahlawan Indonesia

176
0
Uang rupiah baru

Jakarta, 19/12 (BeritaJateng.net) – Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan 11 desain baru uang rupiah yang terdiri dari 7 pecahan uang kertas dan 4 pecahan uang logam.

Uang rupiah kertas yang diterbitkan terdiri Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp 1.000. Sementara pecahan uang rupiah logam baru yang dikeluarkan yaitu Rp1.000, Rp500, Rp200, dan Rp 100.

Dengan desain uang baru ini sejalan dengan rencana BI menerbitkan uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hampir semua wajah pahlawan di uang tunai kertas dan logam semuanya berganti, kecuali pecahan Rp100.000 masih tetap dengan wajah proklamator RI, Soekarno-Hatta hanya seditik berbeda dibalik gambar ada tarian nusantara.

Begini Penampakan 11 Uang Rupiah Baru dengan Wajah Pahlawan Indonesia
Begini Penampakan 11 Uang Rupiah Baru dengan Wajah Pahlawan Indonesia

Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo mengatakan pengeluaran dan pengedaran uang baru ini merupakan moment spesial karena dilakukan secara serentak sejak Indonesia merdeka.

Agus mengaku bersyukur karena pengeluaran uang rupiah emisi 2016 ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana dan bertepatan dengan hari bela negara.

“Ini sangat spesial karena peluncuran dilakukan serentak dan bertepatan hari bela negara kita,” ujar Agus di Kantor Bank Indonesia (BI), Jakarta Pusat, Senin (19/12).

Agus juga menyebutkan kualitas uang rupiah harus tetap dijaga dan dirawat dengan baik. Maka dari itu masyarakat perlu meninggalkan perilaku buruk terhadap uang rupiah dengan tidak lagi membasahi, meremas hingga mencoret-coret uang rupiah.

“Kualitas uang rupiah perlu dijaga dan dirawat dengan baik, masyarakat perlu meninggalkan kebiasaan kurang baik misalnya membasahi, melipat, meremas mencoret-coret serta staples uang rupiah,” kata Agus.

Agus menambahkan dengan menjaga uang rupiah sama saja menjaga simbol kedaulatan negara, dan budaya menjaga uang tersebut perlu ditanamkan sejak dini. (EL)