Home Lintas Jateng Begini Cara PWI Demak Mengajar di SMKN 1 Sayung

Begini Cara PWI Demak Mengajar di SMKN 1 Sayung

682
0
PWI Demak Mengajar di SMKN 1 Sayung

Demak, 12/12 (BeritaJateng.net) – Puluhan siswa – siswi SMKN 1 Sayung, mengikuti pelatihan jurnalistik, Rabu (12/12/2018).  Acara yang digagas oleh OSIS SMKN 1 Sayung bekerjasma dengan PWI Demak melalui progam “PWI Mengajar” itu, diikuti sebanyak 30 siswa dari berbagai jurusan, yakni Teknik Pengelasan, Teknik Sepeda Motor, Rekayasa Perangkat Lunak, Busana Butik, dan Jasa Boga.

Narasumber Ari Widodo dari PWI Demak menjelaskan materi tentang dasar – dasar jurnalistik dan serba – serbi menjadi jurnalis.
Para siswa antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber, beberapa dari mereka bertanya tentang materi yang diberikan. Kegiatan ditutup dengan praktik membuat sebuah berita sederhana tentang pelatihan tersebut.

Saiful Arifin, Waka Kesiswaan SMKN 1 sayung mengatakan, selain mengisi kegiatan class meeting dan refresing setelah seminggu mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS), pelatihan jurnalistik itu juga untuk mendukung program sekolah mengenai literasi.

“Kegiatan ini , tentunya dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan ketrampilan siswa dalam menulis. Dan dapat meningkatkan budaya membaca (literasi),” kata Saipul.

Saiful menambahkan, pelatihan jurnalistik merupakan kegiatan positif untuk pengembangan diri siswa serta memberikan bekal siswa dalam menulis yang nantinya bisa dikembangkan menjadi sebuah karya, serta memunculkan potensi seorang jurnalis dari siswa – siswi, sehingga dapat mendongkrak kualitas sekolah.

“Kami berharap, kegiatan ini bisa terus berlangsung bukan hanya disaat pelatihan saja. Setelah mengikuti pelatihan jurnalistik ini, ke depannya siswa dapat menghasilkan karya tulis yang bisa dipublikasikan baik melalui media cetak maupun online, minimal menghidupi majalah dinding sekolah setiap bulannya dan setiap satu semester dapat menerbitkan majalah sekolah berisi hasil karya siswa,” ujarnya.

Safril Wahyu Pratama, perwakilan OSIS SMK N 1 Sayung, menambahkan, pada acara class meeting tahun ini, pihaknya mengadakan acara pelatihan jurnalistik karena ingin suasana berbeda dari tahun – tahun sebelumnya.
Dengan adanya pelatihan jurnalistik tersebut, diharapkan peserta yang mayoritas kelompok mading sekolah itu dapat bertambah ilmu dan wawasannya tentang dunia tulis menulis.

“Alhamdulillah, kami banyak mendapat ilmu tentang tulis menulis dan membuat berita. Mudah-mudahan setelah pelatihan ini, kami dapat membuat tulisan-tulisan kreatif di mading sekolah dan bukan tidak mungkin kami bisa menerbitkan majalah sekolah,” kata Safril. (El)