Home Lintas Jateng Bebaskan Lahan Proyek Underpass Jatingaleh, Bina Marga Gelontorkan Dana Rp. 52 Miliar

Bebaskan Lahan Proyek Underpass Jatingaleh, Bina Marga Gelontorkan Dana Rp. 52 Miliar

iswar
Kepala Dinas Bina Marga Kota Semarang Iswar Aminudin

Semarang, 7/10 (BeritaJateng.net) – Dinas Bina Marga Kota Semarang telah mengajukan anggaran APBD perubahan 2015 sebesar Rp. 52 miliar untuk pembebasan lahan proyek underpass Jatingaleh. Anggaran sebesar itu untuk menutup kekurangan sekitar 30 persen lahan yang belum dibebaskan di tahun lalu.

Hal ini diutarakan Kepala Dinas Bina Marga Kota Semarang Iswar Aminudin disela rapat paripurna bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Semarang untuk membahas Rencana Peraturan Daerah tentang Perubahan atas APBD Kota Semarang 2015.

“Proyek underpass Jatingaleh sudah berjalan, sebentar lagi akan ada pembebasan lahan yang dianggarkan dari APBN Perubahan 2015 sebesar Rp. 52 miliar,” ungkapnya.

Menurutnya, tanggungjawab dan wewenang pembangunan jalan bawah tanah berada di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan melalui Satker Metro Semarang.

“PT Armada Hada Graha sudah ditetapkan menjadi pemenang lelang proyek pembangunan fisik underpass Jatingaleh dengan pagu sekitar Rp 100 miliar,” terangnya.

Dijelaskan, pekerjaan fisik underpass telah memakan waktu dua kali anggaran dan semua anggaran di bawah wewenang Kementerian PU.

Dinas Bina Marga, lanjutnya, hanya memiliki wewenang terkait dengan pembebasan lahan. “Kalau target rampung proyek ini di akhir tahun 2016,” ucapnya. (Bj05)