Home Headline Bea Cukai Solo Amankan Paket Sabu Senilai Rp. 1,2 M

Bea Cukai Solo Amankan Paket Sabu Senilai Rp. 1,2 M

640
Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Surakarta gelar release paket sabu dalam maneqin.

Karanganyar, 6/4 (BeritaJateng.net) – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Surakarta mencurigai kiriman barang berupa manequin sebanyak lima buah yang isinya mencurigakan yang diterima kantor pos Surakarta.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Surakarta Yosef Hendriansyah menjelaskan, petugas Bea dan Cukai Solo membongkar pengiriman sabu yang dimasukkan dalam manekin dan dikirim via paket kantor pos.

“Pengiriman sabu ini terungkap pada hari Selasa (5/4/2016) kemarin,” jelasnya saat acara jumpa pers di Kantor bea cukai Solo, Rabu (6/4/2016).

Saat petugas melakukan control delivery (pengecekan) ditemukan lima bungkusan berwarna hitam yang disembunyikan dalam rongga manekin. Setelah dilakukan pengecekan ternyata merupakan kristal senyawa organik dari jenis Methamphetamine HCL (sabu-sabu).

“Total berat sabu yang disimpan 602 gram dengan nilai barang sebesar lebih dari Rp 1,2 Miliar,” paparnya lebih lanjut. sambungnya.

Hasil penyidikan sementara Custum Narcotics Team Kantor Bea Cukai Solo bekerja sama dengan Kepolisian dan Kantor Pos menemukan bahwa paket narkoba jenis sabu tersebut dikirimkan dari Nigeria yang dikirimkan pada YAS yang beralamat di Padangan, Jungke, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Hasil pengembangan penyidikan lanjut Yosef tim gabungan berhasil menangkap IJRIT dan AR yang semuanya merupakan warga Karanganyar, Jawa Tengah.

“Mereka akan dikenakan pasal pasal 102 huruf e Undang-Undang nomor 17 tahun 2006 tentang Kepabeaan serta pasal 113 ayat 2 UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika,” pungkas Yosef. (Bj24)