Home Headline Bea Cukai Semarang Serahkan Pelaku Penjual Rokok Ilegal Ke Kejari Demak

Bea Cukai Semarang Serahkan Pelaku Penjual Rokok Ilegal Ke Kejari Demak

274
Bea Cukai Semarang Serahkan Pelaku Penjual Rokok Ilegal Ke Kejari Demak

Demak, 7/7 (BeritaJateng.net) – Divisi penindakan dan penyelidikan Bea Cukai Kota Semarang berhasil menggagalkan pelaku tindak pidana penjualan rokok tanpa disertai pita cukai (rokok ilegal) dari berbagai merk yang rencananya akan dipasarkan di Pekanbaru, Riau.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Kantor Bea Cukai Semarang, Soecipto, saat menyerahkan pelaku ke Kantor Kejaksaan Negeri Demak untuk diproses hukum lebih lanjut

Menurutnya, pelaku sudah merupakan target sasaran Bea Cukai sudah lama, mengingat modus yang dipakai mereka tergolong sangat rapi sehingga butuh proses waktu yang panjang untuk menangkap pelaku penjualan rokok ilegal tersebut.

“Pelaku dan barang bukti berhasil kami tangkap di Wilayah hukum Demak, sehingga kita serahkan pelaku ke Kejari Demak untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut,” ucap Soecipto.

Pada saat penangkapan pelaku Bambang Kuswanto, warga Boyolali tersebut,  petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa rokok tanpa cukai sebanyak 460 ribu batang dari berbagai merek, seperti Super Bro, SMD, GLS Sport dan Laris Bro. Dimana dalam hal ini negara dirugikan sebesar Rp. 280 juta.

“Menurut pengakuan pelaku dia sudah satu tahun menjual rokok ilegal dan dia transaksi dijalan dengan sesorang yang berasal dari Jepara, kita masih terus mengembangkan temuan ini agar rokok ilegal tidak ada lagi,” ucap Kepala Kantor Bea Cukai Semarang.

Sementara itu menurut Kepala Kejaksaan Negeri Demak, Suhendra, mengaku akan segera menindaklanjuti pelaku penjualan rokok ilegal yang sudah merugikan negara, pelaku sendiri akan dikenakan Pasal 54 UU Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai dengan ancam hukuman 5 Tahun kurungan penjara. (BW/El)