Home Headline Bea Cukai Semarang Musnahkan Rokok dan Minuman Keras Impor Ilegal

Bea Cukai Semarang Musnahkan Rokok dan Minuman Keras Impor Ilegal

640
0
Bea Cukai Semarang Musnahkan Rokok dan Minuman Keras Impor Ilegal
         Semarang, 16/1 (BeritaJateng.net) – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Semarang memusnahkan 6,9 juta batang rokok dan 45 botol minuman keras ilegal. Rokok dan minuman keras yang dimusnahkan ini merupakan hasil penindakan kantor Bea Cukai Semarang periode tahun 2015 s.d 2018 karena dijual tanpa cukai.
         Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Semarang, Iwan Hermawan, menjelaskan bahwa  temuan rokok tanpa cukai pada 2018 merupakan yang paling banyak sejak 2015. Akibat peredaran rokok dan minuman keras tanpa cukai ini, negara berpotensi merugi hingga Rp 3 miliar.
         “Dihitung dari potensi nilai cukai ditambah potensi PPN dan pajak rokok,” ujarnya  pemusnahan simbolis berlangsung di Kantor Bea Cukai Semarang, Jalan Arteri Yos Sudarso, Semarang, Selasa (15/1).
Bea Cukai Semarang Musnahkan Rokok dan Minuman Keras Impor Ilegal
         Sebagian besar penindakan tersebut dilakukan terhadap sarana pengangkut yang melintas dan mengangkut rokok ilegal dari luar wilayah pengawasan Bea Cukai Semarang sehingga didapati pola bahwasanya wilayah pengawasan Bea Cukai Semarang menjadi jalur distribusi peredaran rokok ilegal.
         Iwan menjelaskan, rokok ilegal ini ditemukan di Kota Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Kendal, dan Kota Salatiga. Barang ini kebanyakan ditemukan saat akan dibawa ke luar Jawa Tengah.
          “Ini tanpa cukai dan ada yang ditempeli kertas seolah cukai, untuk rokok, penindakan dari pengangkutan, kami ada 6 daerah dan merupakan daerah perlintasan. Ada yang truk, ada yang kendaraan pribadi, bahkan bus antarkota antar Provinsi dengan tujuan baik jawa barat bahkan ke Sumatera,” jelasnya.
Bea Cukai Semarang Musnahkan Rokok dan Minuman Keras Impor Ilegal
          Pemusnahan secara simbolis dilakukan  halaman kantor Bea Cukai Semarang dengan membakar sebagian kecil rokok ilegal dan memecah botol minuman ilegal oleh Kepala Kantor Bea Cukai Semarang beserta para tamu undangan dari instansi terkait. Selanjutnya untuk sebagian besar sisanya di bawa ke Tempat Pembuangan Akhir Jati Barang, Semarang untuk dimusnahkan dengan cara ditimbun.
          Diharapkan dengan kegiatan ini berdampak terhadap berkurangnya rokok ilegal di peredaran bebas, kenaikan penerimaan di bidang cukai dan menggugah kepedulian masyarakat untuk berperan aktif dalam pemberantasan rokok ilegal. (Nh/El)
Bea Cukai Semarang Musnahkan Rokok dan Minuman Keras Impor Ilegal