Home Ekbis BBM Sudah Turun, Harga Kebutuhan Pokok Tetap Tinggi

BBM Sudah Turun, Harga Kebutuhan Pokok Tetap Tinggi

Dok. BeritaJateng.net
Warga meemilih komoditas sayur dan buah di Pasar Gede, Solo, Jateng, Kamis (2/1)
Pasar. Foto/Ist

Kulon Progo, 20/1 (Beritajateng.net) – Harga kebutuhan pokok di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, masih tinggi meski ada penurunan harga bahan bakar minyak.

“Penurunan bahan bahar minyak belum berdampak pada penurunan harga kebutuhan pokok di tingkat pedagang. Saat ini, harga kebutuhan pokok masih tinggi,” kata Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi, dan Sumber Daya Mineral (DisperindagESDM) Kulon Progo Bambang Widodo di Kulon Progo, Selasa.

Ia mengatakan harga kebutuhan pokok yang masih tinggi yakni telor Rp21 ribu per kg, daging ayam Rp30 ribu, daging sapi Rp105 ribu, beras Rp9.500 per kg.

Harga bawang merah dan bawang putih Rp16 ribu, cabai merah Rp30 ribu, cabai rawit merah Rp50 ribu.

“Harga kebutuhkan pokok itu sangat ditentukan stok barang ditingkat petani,” katanya.

Bambang mengatakan pihaknya juga belum ada rencana menggelar operasi pasar, seperti beras, minyak goreng dan gula. Namun demikian, pihaknya akan berkoordinasi dengan Bulog dan Pemerintah DIY.

“Kami belum ada rencana menggelar operasi pasar. Biasanya yang menggelar operasi pasar Pemda DIY,” kata dia.

Salah satu pedagang kebutuhan pokok Pasar Sentolo Mahmudah mengatakan harga kebutuhan pokok justru mengalami peningkatan dalam waktu satu minggi ini.

Harga daging ayam semula Rp24 ribu-25 ribu, sekarang berkisar Rp30 ribu – Rp32 ribu per kg. Harga sayur mayur juga mengalami peningkatan dari Rp1.000 – Rp1.500 per kg. Demikian juga harga telor dari Rp19 ribu naik menjadi Rp21 ribu.

“Harga kebutuhan pokok tetap tinggi, belum ada tanda-tanda akan mengalami penurunan. Saat ini, permintaan tetap tinggi, dan stok barang sangat terbatas,” katanya.(Ant/Bj02)