Home Lintas Jateng Bawaslu Semarang Awasi 145 Kegiatan Kampanye di Tiga Bulan Tahapan Pemilu 2019

Bawaslu Semarang Awasi 145 Kegiatan Kampanye di Tiga Bulan Tahapan Pemilu 2019

166
Bawaslu Semarang Deklarasikan Pemilu Damai 2019
        SEMARANG, 21/12 (BeritaJateng.net) – Memasuki tiga bulan tahapan Pemilu 2018, frekuensi kampanye di kota Semarang semakin meningkat. Menurut data Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang hingga saat ini tercatat 145 kegiatan kampanye yang telah diawasi Bawaslu.
       Kegiatan kampanye tersebut dalam bentuk pertemuan terbatas, tatap muka dan kegiatan lain dalam bentuk bakti sosial, bazar sembako, pengobatan murah, fogging dan lainnya.
        “Data ini berdasarkan surat pemberitahuan kegiatan (SPK) kampanye dan surat tanda terima kegiatan (STTP) yang kami terima,” kata Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kota Semarang, Nining Susanti.
        Tidak hanya itu, menurut Nining, jajaran pengawas di kota Semarang juga aktif mengawasi kegiatan non kampanye yang hingga pertengahan bulan Desember ini berjumlah 66 kegiatan.
        Pengawasan non kampanye difokuskan pada kegiatan reses anggota legislatif, serap aspirasi anggota Dewan Perwakilan Daerah maupun kegiatan yang diadakan oleh  pemerintah kota Semarang dan jajaran dibawahnya,” jelas Nining.
        Hal ini dilakukan karena kegiatan ini dibiayai oleh negara sehingga tidak boleh digunakan untuk kampanye. Oleh karena itu Bawaslu kota Semarang secara aktif melakukan preventif kepada pihak-pihak terkait untuk tidak melakukan kampanye dalam bentuk apapun pada kegiatan tersebut.
        Di antaranya memasang alat peraga kampanye (APK), menyebarkan bahan kampanye (BK) dan melakukan ajakan untuk mendukung atau tidak mendukung salah satu pasangan calon, calon legislatif maupun parpol tertentu. (El)