Home News Update Bawaslu Kota Semarang Ajak Masyarakat Jadi Pemantau Pemilu 2024

Bawaslu Kota Semarang Ajak Masyarakat Jadi Pemantau Pemilu 2024

Bawaslu Kota Semarang Ajak Masyarakat Jadi Pemantau Pemilu 2024

SEMARANG, 30/9 (BeritaJateng.Net) – Bawaslu Kota Semarang mengajak masyarakat menjadi pemantau pemilu sebagai bentuk partisipasi aktif dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Kota Semarang Arief Rahman saat membuka kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bawaslu Kota Semarang, di Plaza Hotel Semarang pada Jumat (30/9/2022).

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Abhan Ketua Bawaslu RI periode jabatan 2017-2022 dan Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Muhammad Rofiuddin. Kegiatan ini diikuti oleh organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, organisasi mahasiswa, perwakilan 14 universitas di Kota Semarang.

Arief mengatakan sejatinya pengawas pemilu adalah masyarakat itu sendiri. Sehingga, dia mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam Pemilu 2024.

Partisipasi bisa ditunjukkan oleh masyarakat untuk melakukan cek mandiri apakah namanya terdaftar dalam keanggotaan partai politik melalui Sipol.

“Dan jika dari masyarakat tidak merasa menjadi bagian dari keanggotan partai politik dan keberatan dapat melaporkan ke Bawaslu Kota Semarang, itu bagian dari bentuk partisipasi,” katanya.

Lebih lanjut, Bawaslu Kota Semarang terus melakukan sosialisasi dan mengajak kepada organisasi masyarakat hingga kepemudaan terutama yang berbadan hukum untuk menjadi pemantau pemilu.

“Ini bagian dari tindak lanjut dari apa yang sudah disosialisasikan secara surat. Harapannya, peserta yang hadir dalam kegiatan ini mendapatkan informasi secara komprehensif sehingga bisa mempersiapkan diri dan ke Bawaslu Kota Semarang setidaknya konsultasi terkait syarat yang diperlukan,” tutupnya. (Ak/El)