Home Lintas Jateng Bawaslu Demak, Petakan Kerawanan Pemilu di Kota Wali

Bawaslu Demak, Petakan Kerawanan Pemilu di Kota Wali

1631
Bawaslu Demak, Petakan Kerawanan Pemilu di Kota Wali

Demak, 28/8 (BeritaJateng.net) – Jelang pemilihan umum 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Demak, menyusun Indeks Kerawanan Pemilu (IKP).

Data Indeks Kerawanan Pemilu tersebut disusun sejak tanggal 21 Agustus hingga 30 Agustus 2018.

Dalam proses penyusunan IKP, Bawaslu Demak melibatkan semua anggota bawaslu dan seluruh komponen yang ada termasuk menerima masukan dari sejumlah pihak, seperti kalangan media massa, KPU, perguruan tinggi dan masyarakat.

“Hasil IKP, nantinya akan jadi rujukan kelompok pemangku kepentingan yang ingin mengetahui kondisi indeks kerawanan yang ada di seluruh wilayah Demak,” kata Ketua Bawaslu Demak, Khoirul Saleh, Senin (27/8/2018).

Dengan disusunnya IKP tersebut, penyelenggara pemilu, baik Bawaslu maupun KPU diharapkan bisa melakukan pemetaan daerah rawan pemilu. Aparat keamanan
bisa memetakan daerah daerah yang rawan dan rentan terjadinya pelanggaran dalam kegiatan pra pemilu, proses pelaksanaan pemilu maupun pasca penetapan hasil pemilu.

Isian data IKP berupa ratusan identifikasi masalah yang dapat mengganggu dan berpotensi menghambat proses pemilu yang berintegritas dan adil. “Data IKP, bersumber dari peta kerawanan pemilu 2014 sampai Pilgub 2018. Data pemilu sebelumnya itu kami jadikan acuan, selain data temuan baru,” ujarnya.

“Pastinya, IKP ini kami jadikan petunjuk dalam melakukan pengawasan. Memudahkan kami menyusun strategi pengawasan berdasarkan daerah yang rawan,” lanjutnya. (El)