Home Headline Bawaslu Demak Lantik 42 Panwascam di Seluruh Kab Demak

Bawaslu Demak Lantik 42 Panwascam di Seluruh Kab Demak

595
Bawaslu Demak Lantik 42 Panwascam di Seluruh Kab Demak

Demak, 23/12 (BeritaJateng.net) – Dalam rangka melaksanakan amanat peraturan Badan Pengawas Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2019, terkait penilaian hasil tes baik secara adminitrasi maupun tertulis serta wawancara calon anggota pengawas Pemilu, Bawaslu Kabupaten Demak menggelar Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan serta pembekalan panitia pengawasa pemilihan kecamatan se kabupaten Demak.

Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Demak, Choirul Shaleh, setelah pelantikan ini pihaknya akan memberikan pembinaan serta pengembangan budaya yang ada diwilayah masing-masing pengawas, seperti penguasaan regulasi disetiap wilayah mengingat Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Demak sebentar lagi digelar.

“Dilain sisi calon perseorangan harus dikawal ketat oleh Panwascam mulai dari regulasi sampai verifikasi adminitrasi perseorangan tersebut,” Ujar Choirul.

Mengingat banyaknya Desa dalam Satu Kecamatan yang hanya diawasi oleh 3 pengawas, dirinya mangaku sangat tidak sebanding dan perlu dibutuhkan peran serta masyarakat dalam pengawasan Pemilukada 23 September 2020.

“Kita bermitra dengan masyarakat sebagai pengawas partisipatif contohnya dari perguruan tinggi, pondok pesantren bahkan dengan media,” terang Ketua Bawaslu Demak.

Sementara itu menurut Wakil Bupati Demak yang turut hadir dalam pelantikan anggota Panwascam Kabupaten Demak sebanyak 42 orang tersebut mengaku jika praktik politik uang jelang Pilkada Demak harus diminimalisir mungkin dan harus sesuai aturan yang berlaku.

“Tahapan Pemilukada ini harus dijalankan sesuai perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya. (BW/El)