Home Headline Basarnas Kantor Semarang akan Kedatangan Kapal Baru

Basarnas Kantor Semarang akan Kedatangan Kapal Baru

1454
KN Sadewa akan mengantikan kapal lama milik Basarnas Kantor Semarang. Foto/Bj14
KN Sadewa akan mengantikan kapal lama milik Basarnas Kantor Semarang. Foto/Bj14
KN Sadewa akan mengantikan kapal lama milik Basarnas Kantor Semarang. Foto/Bj14

Semarang, 15/01 (Beritajateng.net)-Kantor Sar (KanSARr) Semarang yang merupakan markas Basarnas, direncanakan akan mendapat sebuah kapal baru,yang nantinya akan menggantikan kapal rescue lama milik Basarnas.

Kapal baru tersebut yakni Kapal Negara (KN), dengan nama Sadewa. Kapal dengan panjang 40 meter ini, dibuat di Batam.

Kepala Bagian Humas Basarnas Semarang, Aris Triyono, mengatakan, kedatangan kapal baru mereka itu, masih harus menunggu anak buah kapal, yang beberapa diantaranya sedang bertugas, membantu pencarian pesawat Air Asia yang mengalami kecelakaan beberapa saat lalu.

“Saat ini, anak buah kapal Kantor SAR semarang sedang bersiap menuju Batam untuk mengambil kapal tersebut. Namun ada beberapa crew yang belum bisa bergabung karena masih bertugas dalam misi pencarian Air Asia,” ungkap Aris melalui hubungan telepon, (15/01).

Ditambahkan oleh Aris, kapal baru KN Sadewa memiliki beberapa kelebihan dari kapal lama. Kelebihan KN. Sadewa dari kapal sebelumnya, yaitu Rescue Boat (RB)-206, terletak pada ukuran dan bahan dasar pembuatannya.

Kapal KN Sadewa, yang nantinya akan disandarkan di pelabuhan Tanjung Emas ini, terbuat dari bahan aluminium, sedangkan RB-206 terbuat dari fiberglass. Bahan Aluminium membuat Sadewa tahan akan hantaman ombak.  Ukuran kapal-pun lebih besar,sehingga daya angkutnya akan lebih optimal.

Dengan bahan dasar kapal yang terbuat dari aluminium dan ukurannya yang lebih besar, diharapkan KN.Sadewa dapat lebih bermanfaat untuk mengamankan wilayah perairan Jawa tengah.

“Kami berharap dengan kehadiran KN Sadewa, kerja kami saat dibutuhkan akan lebih baik. Ini karena ketahanan saat melaut dan kemampuan daya angkut yang lebih besar, membuat KN Sadewa akan lebih unggul dari kapal sebelumnya,” ujar Aris.

KN Sadewa yang dibuat tahun 2014 ini, akan menggantikan RB-206, yang sudah dioperasikan Kansar Semarang, sejak tahun 2009 lalu. Selanjutnya RB-206 akan dikirim ke Cirebon, yang merupakan wilayah kantor SAR bandung. (BJ-14)