Home News Update Basarnas : 10 Desa di Bangka Tengah Terendam

Basarnas : 10 Desa di Bangka Tengah Terendam

651
0

LOGO BASARNAS

Koba, 8/2 (BeritaJateng.net) – Badan SAR Nasional Provinsi Bangka Belitung mencatat 10 desa di Kabupaten Bangka Tengah terendam banjir sejak Sabtu (7/2) hingga Minggu (8/2) siang, “Dua kecamatan yaitu Koba dan Lubuk Besar kondisi cukup parah, sekitar 200 rumah terendam dan ratusan warga diungsikan,” kata Humas Basarnas Babel Indra Cahyadi di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, terdapat belasan titik banjir yang menggenangi jalan raya di Kecamatan Lubuk Besar dan Koba, sehingga membuat aktivitas warga lumpuh total.

“Khusus Kecamatan Koba, banjir melanda dua kelurahan yaitu Kelurahan Padang Mulya dan Kelurahan Koba dengan ketinggian air dada orang dewasa,” ujarnya.

Sementara di Kecamatan Lubuk Besar, kata dia, titik terparah banjir terjadi di Kulur, Kulur Ilir, Trubus, Perlang, Lubuk Besar, Lubuk Lingkuk, Lubuk Pabrik dan Batu Beriga.

“Hingga sekarang kami tidak mendapat laporan adanya korban jiwa akibat bencana banjir ini, namun kami tetap waspada di lapangan,” ujarnya.

Saat ini kata dia, tim penanggulangan bencana siaga di seluruh titik banjir dan diutamakan membantu mengevakuasi korban yang rumahnya terendam banjir dan membantu kendaraan yang melewati lokasi banjir.

Sementara Kapolres Bangka Tengah AKBP M Zainul, menyatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian banjir ini dan sejumlah anggotanya melakukan siaga di beberapa titik.

“Saya perintahkan personel berada di lokasi banjir selama 24 jam, membantu evakuasi korban dan mengantisipasi kemungkinan terburuk yang akan terjadi,” tegasnya.

Ia menyatakan, polisi juga menjaga sejumlah rumah warga yang ditinggalkan penghuninya mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Upaya yang kami lakukan untuk mengantisipasi banjir ini dengan melakukan penjagaan di rumah-rumah warga yang terendam banjir, baik siang maupun malam,” ujarnya. (ant/BJ)