Home DPRD Kota Semarang Baru Sebulan Ditempati, Akses Jalan Relokasi Pasar Johar Rusak Parah

Baru Sebulan Ditempati, Akses Jalan Relokasi Pasar Johar Rusak Parah

Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi didampingi Ketua Komisi D DPRD Kota Semarang Mualim meninjau akses jalan relokasi pasar Johar di kawasan MAJT yang kondisinya rusak parah.

Semarang, 19/4 (BeritaJateng.net) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang menyoroti akses jalan di kompleks Lapak Sementara Pasar Johar yang rusak parah, padahal baru sebulan ditempati pedagang.

“Kami melihat kondisi jalan untuk bongkar muat pedagang (di Lapak Johar, red.) sangat parah rusaknya,” kata Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi saat meninjau Lapak Sementara Pasar Johar, Semarang, Selasa.

Dalam tinjauan itu, Supriyadi yang didampingi Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang Mualim menemukan jalan untuk akses bongkar muat pedagang sangat parah kondisinya, yakni bergelombang, dan berlumpur.

Bahkan, terlihat beberapa truk yang mengangkut buah-buahan tengah melakukan bongkar muatan di tengah jalan yang berlumpur sehingga menyulitkan tukang-tukang panggul melangsir barang-barang muatan.

“Dinas Pasar harus meminta kontraktor untuk segera memperbaiki. Ini masih masa perawatan sehingga masih tanggung jawab kontraktor. Kasihan pedagang yang bongkar muat,” kata politikus PDI Perjuangan itu.

Kondisi akses jalan relokasi pasar Johar rusak parah
Kondisi akses jalan relokasi pasar Johar rusak parah.

Supriyadi menilai kontraktor terkesan asal-asalan menggarap pavingisasi tanpa proses pemadatan tanah sehingga ketika dilalui kendaraan berat langsung ambles, seperti di Blok E dan D Lapak Johar.

“Ya, semestinya diganti beton. Namun, sesuai perjanjian awalnya dulu, tidak bisa mengubah spek pekerjaan. Nanti, pada 2017 kami akan evaluasi lagi, yakni memperkerasnya dengan pembetonan,” katanya.

Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang Mualim mengatakan perbaikan jalan untuk bongkar muat itu sifatnya “urgent” dan harus segera dilakukan, apalagi masih dalam masa perawatan dengan tanggung jawab kontraktor.

“Sudah kami minta Dinas Pasar segera memperbaiki. Tadi, saya kontak Kepala Dinas Pasar (Trijoto Sardjoko, red.) dan berjanji memperbaiki sebelum 21 April mendatang,” kata politikus Partai Gerindra itu.

Apabila sampai tenggat waktu yang dijanjikan belum juga diperbaiki, Mualim mengatakan Komisi B DPRD Kota Semarang akan memanggil Dinas Pasar untuk dimintai klarifikasi dan pertanggung jawaban.

“Dinas Pasar sudah berjanji, nanti akan dikeruk dulu karena banyak lumpur, kemudian diperbaiki. Kalau sampai 21 April mendatang belum juga dikerjakan, kami akan panggil Dinas Pasar,” tegasnya.

Sementara itu, Tini Surati, pedagang buah-buahan di Blok D3 Lapak Johar mengakui kerusakan jalan itu sudah terjadi sebelum ditempati pedagang dan semakin parah setelah banyak truk bongkar muat.

“Bagusnya memang dibeton, kami berharap begitu. Dulu, sempat truk tidak diperbolehkan masuk ke sini. Namun, kalau tidak bisa masuk kan susah bongkar muatnya. Jaraknya kan terlalu jauh,” katanya. (Bj05)