Home Hukum dan Kriminal Bareskrim Geledah RSCM Kencana Bongkar Kasus Mafia Ginjal

Bareskrim Geledah RSCM Kencana Bongkar Kasus Mafia Ginjal

 

Jakarta, 4/2/16 (BeritaJateng.net) – Bareskrim Polri terus melakukan pengembangan kasus penjualan organ tubuh manusia. Hari ini, penyidik melakukan penggeledahan di Rumah Sakit Cipto Mangkusumo (RSCM), yang diduga sebagai tempat transplantasi ginjal.

“Kita geledah RSCM Kencana hari ini,” kata Kanit Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Subdit III Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, AKBP Arie Darmanto, Kamis (04/02/2016).

Penggeledahan dilakukan secara tertutup dimulai dilakukan di RSCM Kencana. Namun belum diketahui ruangan mana saja yang menjadi incaran penyidik.

Seperti diketahui, penyidik telah melakukan penangkapan kepada tiga tersangka sindikat penjualan ginjal berinisial HR, AG dan DD pada pertengahan Januari kemarin di Bandung, Jawa Barat.

Modus tersangka yakni mengincar masyarakat dari kalangan ekonomi kebawah. Organ tubuh untuk menyaring darah dan kotoran itu dihargai Rp70 juta. Tersangka HR yang menerima pesanan dari rumah sakit, kemudian menyuruh AG dan DD mencari pendonor. Dari si penerima donor, berani membayar Rp300juta

Sejauh ini dari pengakuan tersangka, ada 15 korban dan sepuluhnya sudah diperiksa sebagai saksi. Dari hasil keterangan mereka, bahwa transplantasi dilakukan di RSCM. Sebelum dibawa untuk transplantasi, HR kemudian melengkapi administrasi yaitu surat keterangan medis yang diduga aspal sebagai formalitas.(Bj50).