Home Headline Banyak Masyarakat Tidak Paham Empat Pilar Bangsa

Banyak Masyarakat Tidak Paham Empat Pilar Bangsa

438

SEMARANG, 10/2 (Beritajateng.net) – Anggota Komisi X DPR RI AS Sukawijaya (Yoyok Sukawi) menemukan masih banyak warga masyarakat yang belum memahami empat pilar kebangsaan. Oleh sebab itu semua stakholder pemerintahan diminta intensif mensosialisasikan empat pilar ini agar rasa nasionalisme setiap warga tertanam dengan baik.

Temuan Yoyok tersebut disampaikan usai melaksanakan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Balai Desa Selokaton Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal, Senin (10/2) malam. Pada sosialisasi tersebut banyak yang tidak memahami keempat pilar bangsa baik itu Pancasila, Undang Undang Dasar 1945 (UUD 45), Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) maupun Bhinneka Tunggal Ika.

“Tadi kita semua melihat ada seorang bapak yang tidak mengerti apa itu Pancasila apalagi kelima silanya,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, lanjut Yoyok, ada beberapa pemuda yang tidak memahami sejarah berdirinya NKRI termasuk siapa siapa saja tokoh yang ikut berjuang dalam perjuangan menuju kemerdekaan Indonesia.

“Iya anak muda harusnya masih segar ingatannya tentang sejarah kemerdekaan Indonesia. Kan di bangku sekolah diajarkan. Hal seperti ini tidak boleh lupa,” katanya.

Sehubungan dengan kondisi tersebut, politisi Partai Demokrat yang juga CEO PSIS Semarang ini mengharapkan pemerintah untuk serius melakukan sosialisasi empat pilar. Tidak saja hanya dilakukan oleh Anggota DPR RI maupun DPD RI tetapi pihak eksekutif dan legislatif di daerahpun juga ikut memberikan sosialisasi.

“Saya prihatin dengan kondisi ini. Ini lampu kuning bagi nasionalisme kita. Semua stakeholder harus intens mensosialisasikan empat pilar berbangsa ini,” tegasnya.

Sosialisasi empat pilar kebangsaan yang dilakukan Yoyok Sukawi di Sukorejo menghadirkan pembicara Ali Mas’adi ST dari DPD Partai Demokrat Jawa Tengah dan Ikhwan Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Kendal.

(NK)