Home Headline Banyak Makanan Tak Layak Konsumsi Dipajang di Supermarket

Banyak Makanan Tak Layak Konsumsi Dipajang di Supermarket

Makanan tidak layak

Semarang, 7/7 (BeritaJateng.net) – Menjelang Lebaran, Gabungan instansi melakukan  Inspeksi mendadak (Sidak) di beberapa pusat perbelanjaan di Kota Semarang. Dari hasil sidak tersebut ditemukan 15 item makanan tak layak konsumsi.

Gabungan instansi yang di motori Disperindag Kota Semarang bersama Kantor Ketahanan Pangan, Dispertan, Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Polrestabes Semarang, dan Lembaga Pembinaan dan Pengaduan Konsumen (LP2K) Semarang memusnahkan lima troli makanan yang tak layak pangan di Giant Express Puri Anjasmoro, Semarang Barat.

Makanan tak layak konsumsi yakni diantaranya kentang beku, nugget, cincau, otak-otak, tahu/ tempe, tape, saus, sambal, nata de choco, teh kemasan, bakso dan sosis babi.

“Ada yang kedaluwarsa, kemasan rusak, dan berjamur. Selain disini, kami melakukan sidak ke toko swalayan di daerah Kaligawe,” kata Kepala Disperindag Kota Semarang Nurjanah, Selasa.

Setelah menemukan pangan yang tak layak konsumsi, Disperindag meminta pengelola Giant untuk segera memusnahkannya. Pemusnahan dengan cara di bakar tersebut dilakukan di belakang gedung Giant Puri Anjasmoro.

Sementara, Kanit Tipiter Satreskrim Polrestabes Semarang AKP Agus Budi Yuwono mengatakan pihaknya akan menindak tegas, apabila pihak pengelola masih menjual pangan yang kedaluwarsa.

“Sementara, ini sifatnya sidak, kalau masih (menjual,Red.), akan ada tindakan hukum ditegakkan sesuai undang-undang yang berlaku,” kata AKP Agus.

Menurut Ketua LP2K Semarang Ngargono pihak yang merugikan konsumen itu akan dikenakan UU No 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen.

“Dalam Pasal 60, dendanya Rp 2 miliar dan ancaman kurungan maksimal 5 tahun,” tegas Ngargono. (Bj05)