Home Ekbis Bantu Konservasi Alam, Pertamina Tanam Ribuan Pohon

Bantu Konservasi Alam, Pertamina Tanam Ribuan Pohon

ilustrasi

Temanggung, 20/11 (BeritaJateng.Net) – PT Pertamina Region IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan Kontak Tani Nelayan Andalan Kabupaten Temanggung menanam 63.000 pohon di Kecamatan Pringsurat dan Kranggan Temanggung.

Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Temanggung Kusnindaryanto di Temanggung, Kamis (20/11) mengatakan sejumlah tanaman tersebut terdiri atas 55.000 bibit sengon dan 8.000 bibit srikaya.

Ia mengatakan tanaman tersebut ditanam di Desa Soropadan dan Karangwuni, Kecamatan Pringsurat, serta Desa Pendowo, Kecamatan Kranggan.

Ia menuturkan daerah Temanggung merupakan kawasan tangkapan air yang kemudian dialirkan ke Sungai Progo yang melewati Magelang dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain sebagai konservasi lahan, katanya, tanaman sengon sangat prospek karena di Pringsurat dan Kranggan banyak pabrik pengolahan kayu yang membutuhkan bahan baku. Sedangkan srikaya untuk dimanfaatkan buahnya.

General Manager PT Pertamina Region IV Jateng dan DIY, Tri Okto Hendarmanto mengatakan Pertamina sangat komitmen untuk ikut memperbaiki lingkungan di wilayah kerjanya dengan menggiatkan penanaman pohon dalam rangkaian Pertamina menabung 100 juta pohon.

Ia mengatakan sejak 2012 PT Pertamina Region IV telah menanam 3,35 juta pohon yang diharapkan menjadi investasi di bidang lingkungan sekaligus jadi inspirasi bagi warga lainnya menanam untuk perbaikan lingkungan.

Bupati Temanggung Bambang Sukarno mengatakan penanaman satu pohon sangat berguna bagi kehidupan manusia, mulai dari kehidupan saat ini dan juga mendatang untuk anak cucu.

Ia mengatakan pemkab sangat mendukung program Pertamina Sobat Bumi “Menabung pohon untuk mendukung eco pegunungan”. Melalui kegiatan ini maka Temanggung akan semakin hijau dan baik sebagai daerah tangkapan air. (ant/pri)