Home Ekbis Bank Indonesia Dorong Transaksi Non Tunai Generasi Muda

Bank Indonesia Dorong Transaksi Non Tunai Generasi Muda

114
0
Bank Indonesia Dorong Transaksi Non Tunai Generasi Muda

Semarang, 2/12 (BeritaJateng.net) – Bank Indonesia kembali menggelar Bank Indonesia Goes to Campus 2016, Kamis, 1 Desember 2016. Gedung Serbaguna Akademi Kepolisian, Kota Semarang terpilih untuk menjadi tuan rumah gelaran penutup acara yang digagas oleh Bank Indonesia yang sebelumnya telah diselenggarakan di Universitas Lambung Mangkurat (1/11), Universitas Negeri Makassar (15/11) dan Universitas Sumatera Utara (17/11).

“Acara yang bertajuk Smart Money Wave ini memiliki pesan kunci untuk mensosialisasikan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) kepada generasi muda atau yang lebih dikenal dengan Gen-Y. Gen-Y dinilai memiliki potensi sebagai agen perubahan untuk mengakselerasi laju transaksi non tunai melalui edukasi tentang fungsi dan manfaat dari transaksi non tunai tersebut,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jateng, Iskandar Simorangkir.

Menurutnya, keterkaitan antara dunia kampus dengan aktivitas edukasi publik tak hanya bermuara pada GNNT saja.

“Mahasiswa-mahasiswi yang dikenal memiliki sifat terbuka terhadap pemanfaatan media sosial diharapkan juga dapat memberikan dampak viral terhadap komunikasi kebijakan dan nilai strategis Bank Indonesia,” imbuhnya.

Acara diawali dengan opening remark oleh Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Arbonas Hutabarat dan dilanjutkan dengan dengan sharing knowledge bersama Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Taufik Kurniawan. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian keynote speech oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Iskandar Simorangkir yang sekaligus membuka acara secara resmi.

Dalam gelaran kali keempat, BI Goes to Campus 2016 menyuguhkan talkshow Smart Money Wave dengan tema I Am #LessCashSociety yang menghadirkan 6 (enam) narasumber yaitu Farida Paranginangin (Direktur Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia); Rudy Hamdani (Vice President Mobile Financial Services Telkomsel); Basmal Soprihananto (Division Head Mobile Financial Services Indosat Ooredoo); Alfie Tjahyo Prasetyo (Head of Mobile Financial Services XL Axiata); Maman Somantri (Direktur Data dan Sistem Informasi Universitas Diponegoro) serta Priyanto Liem (Kepala Bagian Marketplace Zalora Indonesia).

Talkshow dimaksud memberikan pemahaman lebih dalam mengenai perkembangan inovasi dan teknologi dalam transaksi non tunai serta upaya yang telah dilakukan baik oleh Bank Indonesia selaku otoritas sistem pembayaran, perbankan dan telko selaku pelaku industri serta pelaku E-Commerce dan universitas sebagai praktisi. Untuk memperkaya talkshow, alur tanya jawab juga dibentuk oleh moderator bersama Nandan Sandaya, Vice President Branchless Banking Bank Mandiri, Bambang Kusumadi, VP Head of Customer Retail BNI Semarangdan Dedy Iskandar P. Wakil Pemimpin Wilayah BRI Semarang yang turut hadir dalam acara.

Adapun materi yang disampaikan dalam talkshow tersebut akan menjadi bahan yang dapat digunakan oleh mahasiswa/i untuk mengembangkan konsep video maupun blog yang mereka buat. Video dan blog tersebut diharapkan dapat menangkap perkembangan transaksi non tunai khususnya Uang Elektronik di kehidupan sehari – hari. Video dan blog tersebut nantinya akan diunggah dalam platform web-based dan dikompetisikan dalam puncak acara bertajuk Pesta NETIZEN di Jakarta pada Januari 2017 mendatang.

Acara juga dimeriahkan oleh dukungan perbankan dan telko dengan melakukan diseminasi informasi serta promosi produk non tunai seperti uang elektronik registered dan unregistered di dalam mini pameran. Mahasiswa/mahasiswi dapat merasasakan experience bertransaksi non tunai di mitra UMKM binaan masing-masing perbankan dan telko yang menjual makanan, minuman serta pernak pernik cantik.

Sebagai tindak lanjut, diharapkan acara ini akan menginisiasi pengembangan kawasan Less Cash Society di mana komunitas lebih memilih bertransaksi non tunai dibandingkan cara konvensional (tunai). Pengembangan kawasan tersebut dapat dimulai dengan pembangunan kantin non tunai serta elektronifikasi pembayaran maupun penerimaan yang dilakukan oleh universitas.

Diakhir acara, peserta juga dihibur dengan stand upper Panji Pragiwaksono dan penyanyi yang sedang digandrungi kaum muda, Rizki Febian. (Bj/EL)