Home Ekbis Bank Danamon Syariah Kerjasama dengan ITFC

Bank Danamon Syariah Kerjasama dengan ITFC

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta, 22/1 (Beritajateng.net) – PT Bank Danamon Indonesia melalui Unit Usaha Danamon Syariah menandatangani perjanjian kerja sama pembiayaan perdagangan syariah dengan International Islamic Trade Finance Corporation (ITFC).

“Ini merupakan pertama kalinya ITFC berkolaborasi dengan bank di Indonesia dalam kerja sama perdagangan syariah,” kata Direktur Utama Bank Danamon, Henry Ho di Jakarta, Kamis.

Kerja sama tersebut bertujuan mengembangkan pembiayaan perdagangan syariah (shariah trade financing), mempercepat pertumbuhan pembiayaan syariah yang produktif dan memperkuat sinergi kedua pihak.

Henry yakin kolaborasi dengan ITFC tersebut akan mendorong kemajuan pembiayaan perdagangan syariah di Indonesia.

“Hal ini sejalan dengan misi Danamon, yaitu menjadi organisasi yang berorientasi nasabah dan melayani semua segmen dengan menawarkan produk berdasarkan pelayanan prima,” katanya.

Kerja sama tersebut ditargetkan memberi keuntungan satu miliar dolar AS dalam lima tahun pertama, dimulai dengan 200 juta dolar AS pada 2015.

Program tersebut memungkinkan nasabah segmen korporasi dan komersial Danamon mendapatkan layanan pembiayaan perdagangan yang lebih lengkap dengan biaya yang bersaing.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Dirut Bank Danamon Henry Ho, Dirut Bank Danamon Syariah Herry Hykmanto dan Deputy CEO ITFC Hani Salem Sonbol di Jakarta.

“Kami senang bekerja sama dengan Danamon karena mitra perdagangan yang tepat dan aktif, dan kami berharap menjadi tonggak dalam menumbuhkan pembiayaan perdagangan syariah di Indonesia,” kata Hani Salem.

Menurutnya, kerja sama itu juga sejalan dengan mandat utama ITFC, yakni menyediakan pembiayaan perdaangan dan memfasilitasi perdagangan antarnegara.

ITFC merupakan salah satu bagian dari Bank Pembangunan Islam (IDB) yang berkonsentrasi pada upaya mendorong perdagangan intra antarnegara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan aktif dalam mengembangkan dan mendiversifikasikan solusi keuangan syariah untuk kemajuan perdagangan.(ant/bj02)