Home Lintas Jateng Bangun Taman Cerdas, Pemkot Surakarta Anggarkan Rp 2,5 M

Bangun Taman Cerdas, Pemkot Surakarta Anggarkan Rp 2,5 M

Solo, 21/12 (Beritajateng.net) – Pemkot Surakarta melalui APBD tahun 2015 telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp2,5 miliar untuk mengembangkan Taman Cerdas Kelurahan Jebres, sebagai pembangunan lanjutan fasilitas pendidikan yang telah menelan anggaran sekitar Rp2,6 miliar.

“Saya berharap, warga bisa mengelola taman cerdas ini sebaik-baiknya karena telah menelan anggaran yang tidak sedikit. Anggaran tambahan senilai Rp2,5 miliar akan diupayakan cair pada 2015, menambah fasilitas di lokasi ini,” kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, di sela peresmian taman cerdas tersebut, Minggu.

Taman cerdas yang menempati lahan seluas 3.500 meter persegi itu dibangun menggunakan dana APBD 2014 sebanyak dua tahap. Tahap pertama yang menelan dana Rp2,5 miliar telah menuntaskan pembangunan perpustakaan, teater terbuka, arena permainan, dan patung dinosaurus.

Ia mengatakan adapun tahap kedua telah menyelesaikan pembangunan tempat ibadah, pagar, saluran air dan toilet. “Penambahan anggaran ini sesuai dengan komitmen Pemkot Surakarta untuk mewujudkan lingkungan yang sehat. Sehat dalam arti jasmani dan rohaninya.” Lurah Jebres, Ari Dwi Daryatmo menerangkan, pihaknya berencana memanfaatkan tambahan dana dari Pemkot tersebut guna menambah sarana dan prasarana taman cerdas. Diantaranya, gedung kesenian dan gedung teknologi informasi (TI).

“Kami memiliki kelompok karawitan, sehingga membutuhkan gedung teater atau gedung kesenian. Perangkat gamelan juga akan ditaruh di gedung baru tersebut, karena saat ini belum memiliki tempat penyimpanan khusus,” katanya.

Ditambahkan, pihak kelurahan juga akan melibatkan warga dalam pengelolaan taman cerdas. “Nantinya, masyarakat bisa mengakses taman cerdas ini setiap hari mulai pukul 08.00 WIB Termasuk fasilitas internet nirkabel yang ada di dalamnya,” katanya. (Bj)