Home Headline Bandara Semarang Gelar Earth Hour, Diisi Gerakan Konservasi dan Edukasi Lingkungan

Bandara Semarang Gelar Earth Hour, Diisi Gerakan Konservasi dan Edukasi Lingkungan

479
Bandara Semarang Gelar Earth Hour, Diisi Gerakan Konservasi dan Edukasi Lingkungan

Semarang, 31/3 (BeritaJateng.net) – Dalam rangka partisipasi pada program Earth Hour 2019, PT Angkasa Pura I (Persero) bekerjasama dengan lembaga World Wide Fund for Nature (WWF) untuk mendukung gerakan konservasi dan edukasi lingkungan hidup yang dilaksanakan di 13 bandara yang dikelola oleh AP 1, salah satunya adalah di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Berdasarkan instruksi dari Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) tentang Pelaksanaan Kegiatan Earth Hour, 13 bandara yang dikelola oleh AP 1 wajib melaksanakan beberapa kegiatan yang diantaranya adalah sosialisasi dan kampanye program earth hour melalui penayangan video di giant wall bandara pada tanggal 18 – 30 Maret 2019 dan program earth hour yang secara serentak dilaksanakan di 13 bandara dengan pilihan program seperti, penanaman karang atau mangrove, pembuatan biophory, kegiatan fun walk, fun run atau fun cycling, memberisikan sampah di area objek wisata atau di lingkungan bandara, dan program lainnya yang berhubungan dengan lingkungan. Juga kegiatan customer engagement dengan tema “Earth Hour” yaitu mengadakan kegiatan interaksi dengan pengguna jasa bandara dalam rangka edukasi terkait earth hour.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto menyampaikan bahwa “Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang turut serta dalam melaksanakan beberapa macam kegiatan, yaitu dengan penayangan video sosialisasi dan kampanye earth hour 2019, penanaman trembesi dan bougenville di lingkungan sekitar bandara, dan kegiatan puncak peringatan earth hour 2019 yang dilaksanakan tepat pada tanggal 30 Maret 2019,” ujarnya.

Kegiatan pertama adalah penayangan video sosialisasi dan kampanye program earth hour 2019 yang ditayangkan pada giant wall di area check in Bandara Jenderal Ahmad Yani. Kegiatan yang kedua adalah penyerahan bantuan bina lingkungan sektor pelestarian alam berupa penanaman bunga bougenville di Jalan Madukoro Raya dan penanaman trembesi di Jalan Yos Sudarso yang dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh General Manager Bandara Jenderal Ahmad Yani beserta jajaran, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Camat Semarang Barat beserta jajaran, Danramil Semarang Barat, Kapolsek Semarang Barat, Project Manager PPSRG dan disambut baik oleh beberapa perwakilan warga Kecamatan Semarang Barat. Selain itu, kegiatan ini diselingi dengan seremonial penanaman bunga bougenville dan trembesi oleh General Manager dan pejabat lainnya yang hadir pada acara ini.

Rangkaian kegiatan selanjutnya dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2019 di pagi dan malam hari. Di pagi harinya pada pukul 09.00 WIB pihak AP 1 mengadakan pameran foto dengan tema “Lingkungan” di area exhibition hall.

Selain itu, Angkasa Pura I juga mengundang komunitas earth hour Semarang untuk memberikan edukasi kepada pengguna jasa bandara terkait earth hour sekaligus memberikan edukasi pembuatan kantong dari bahan kain atau baju bekas yang dapat dimanfaatkan pengguna jasa bandara untuk kebutuhan sehari-hari.

“Saat rangkaian kegiatan berlangsung, panitia juga membagikan 100 buah pouch souvenir yang berisi sedotan stainless kepada pengguna jasa bandara yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan menandatangani petisi pada booth earth hour yang telah disediakan, memfollow akun instagram @srg_ap1, mengupload foto di instagram yang disertakan hashtag #AngkasaPura1 #AP1GoBeyond #EarthHour2019 dan tag instagram @srg_ap1,” terang Hardi.

Selain itu di area ruang tunggu, panitia juga menukarkan 50 buah tas plastik milik penumpang dengan tas berbahan kain (totebag).

Di malam harinya merupakan malam puncak dari program earth hour 2019, yaitu kegiatan switching off sebagian lampu yang ada di area exhibition hall pada pukul 20.30 – 21.30 WIB.

Sebelum dilakukan pemadaman lampu, pemberitahuan kegiatan ini dilakukan melalui announce dan media sosial di pagi harinya agar penumpang sudah terinformasikan saat lampu padam. Acara dimulai pada pukul 19.45 WIB sampai dengan pukul 21.35 WIB dan diawali dengan sambutan dari General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang dan perwakilan dari komunitas earth hour Semarang.

Penayangan video earth hour ditayangkan sebelum pemadaman lampu. Saat lampu padam, kegiatan diisi dengan hiburan oleh tim Perkusi LED dan LED Dance yang disaksikan oleh General Manager beserta jajaran, beberapa mitra usaha dan pengguna jasa bandara.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan masyarakat lebih mengerti dan peduli terhadap lingkungan sekitar. “Saya harap kegiatan ini dapat diselenggarakan secara berkelanjutan dengan menggandeng komunitas earth hour dan masyarakat sekitar agar lebih aware terhadap lingkungan,” tambah Hardi. (El)