Home Headline Bandara Ahmad Yani Semarang Peroleh Sertifikat SMK3 Kementerian Tenaga Kerja

Bandara Ahmad Yani Semarang Peroleh Sertifikat SMK3 Kementerian Tenaga Kerja

445
Bandara Ahmad Yani Semarang Peroleh Sertifikat SMK3 Kementerian Tenaga Kerja

Semarang, 28/2 (BeritaJateng.net) – Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang berhasil meraih sertifikat Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) kategori Gold dari Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia.

       Bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero) ini menjadi bandara pertama di Indonesia yang berhasil mendapatkan sertifikat SMK3  Bendera Emas dengan kategori lanjutan.
        “Meskipun dengan kondisi serba terbatas, faktanya dalam segala aspek Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang mendapatkan poin tertinggi dalam penilaian dengan total 166 kriteria yang dapat dipenuhi sehingga mendapatkan predikat Gold untuk keselamatan kerja,” ujar General Manager Bandara Ahmad Yani Semarang, Maryanto, Rabu (28/2).
        Menurutnya, bandara Ahmad Yani Semarang trlah lolos dalam semua kualifikasi baik dari segi fasilitas, sumber daya manusia (SDM) hingga prosedur-prosedur kerja. “Bahkan SDM kita sudah tersertifikasi, peralatan yang digunakan juga sudah tersertifikasi, pengecekan alat rutin, panduan keselamatan dan kesehatan kerja bandara telah dibuat, semuanya bagus,” terangnya.
        Direktur Operasi Angkasa Pura I, Wendo Asrul Rose menerangkan, penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dimaksudkan agar setiap perusahaan dapat meminimalisir resiko dan kecelakaan kerja serta penyakit. Hal ini dilakukan agar produktivitas perusahaan sesuai tuntutan dan persaingan bisnis global.
       “Untuk mendapatkan sertifikat bendera emas ini, yotal ada 166 kriteria yang harus dipebuhi. Bandara Ahmad Yani Semarang bisa menyelesaikan 100 persen,” ujar Wendo.
        Menurutnya, selain bandara Ahmad Yani Semarang yang berhasil meraih sertifikat SMK3 Bendera Emas, tiga bandara Angkasa Pura I lainnya yaitu Bandara Ngurah Rai Bali, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balipapan dan Bandara Adi Soemarmo Solo berhasil mendapatkan sertifikat Occupational Health and Safety Assessment Series (OHSAS) dan direkomendasikan untuk mendapatkan sertifikat SMK3 Bendera Emas dari Kementerian Tenaga Kerja RI. (El)