Home Ekbis Bandara Adi Soemarmo Siap Terima 30 Slot Pengalihan Penerbangan Dari Bandara Bali

Bandara Adi Soemarmo Siap Terima 30 Slot Pengalihan Penerbangan Dari Bandara Bali

78
0
              BOYOLALI, 29/9 (BeritaJateng.net) – Antisipasi jika bencana erupsi Gunung Agung yang dikhawatirkan berdampak pada jalur penerbangan di bandara Internasional Ngurah Rai, Kementrian  Perhubungan sudah mempersiapkan sepuluh Bandara alternatif untuk pendaratan pesawat jurusan Bali.
                Bandara Adi Soemarmo Solo menjadi salah satu bandara alternatif yang ditunjuk oleh pemerintah bersama dengan sembilan bandara lain kota lain seperti Juanda Surabaya, Bandara Lombok, Makassar, Balikpapan, Ambon, Manado, Praya, Kupang, Banyuwangi dan Jakarta.
                  Humas Bandara Internasional Adi Soemarmo, Danardewi mengatakan otorisas bandara siap untuk menampung pengalihan penerbangan dari Bandara I Gusti Ngurah Rai jika operasional Bandara terpaksa dihentikan  jika terkena abu vulkanik.
                 “Kami siap, asalkan tidak mengganggu penerbangan. Rencananya Bandara Adi Soemarmo akan menerima pengalihan sekitar 30 slot penerbangan,”  jelasnya saat dihubungi wartawan, Jumat (29/9/2017).
                    Meski akan ada penambahan penerbangan dari Bandara Bali jika benar terjadi erupsi gunung Agung,  jam operasional Bandaran tidak akan ditambah. Tetap seperti hari biasa yakni jam 06.00 WIB hingga 24.00 WIB.
                    “Peralihan  penerbangan menyesuaikan dengan jadwal penerbangan reguler yang sudah ada,” tuturnya lebih lanjut.
                    Danardewi juga sampaikan tidak masalah jika Bandara Adi Soemarmo akan didarati pesawat berbadan lebar karena landasan pacunya baik ukuran dan panjangnya sudah disesuaikan untuk pendaratan pesawat jenis tersebut.
                   Menurut Danar, tak ada masalah bagi Bandara Adi Soemarmo menerima pesawat berbadan lebar yang biasa mendarat di Bandara Ngurah Rai. Bahkan landasan pacu Bandara Adi Soemarmo pun ukuran serta kepanjangannya sudah disesuaikan dengan pesawat berbadan lebar.
                  “Yang pasti sesuai dengan Notice of Airport Capacity System (NAC System),” pungkasnya. (DB/EL)