Home Headline Bambang Pacul Diangkat Jadi Ketua Bidang Pemenangan Pemilu

Bambang Pacul Diangkat Jadi Ketua Bidang Pemenangan Pemilu

238

SEMARANG, 11/8 (Beritajateng.net) – Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Bambang Wuryanto dilantik menjadi Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu. Pria yang akrab disapa Bambang Pacul ini dilantik bersama 26 pengurus lainnya di Kongres V PDI Perjuangan yang berlangsung di Grand Inna Beach Hotel Sanur Bali 8 – 10 Agustus kemarin.

Dalam Sambutannya Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri mengatakan Bambang Pacul berhasil memimpin DPD Jawa Tengah memenangi Pemilu Legislatif (pilleg) dan pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 kemarin.

“Ini orang agak aneh, dulu di DPP minta turun benahi Jateng dan berhasil, sekarang saya tarik lagi. Dia adalah Bambang Wuryanto,” jelasnya.

Pada gelaran Pilleg kemarin Jawa Tengah memperoleh kursi fantastis di semua tingkatan. Di DPRD Kab/Kota, dari 387 kursi pada Pemilu 2014 menjadi 463 kursi. DPRD provinsi dari 27 menjadi 42 dan DPR RI dari 18 menjadi 26. Sementara untuk Pilpres pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin mendulang suara hingga 77,29 persen.

Ditemui wartawan usai pelantikan, Bambang Pacul mengatakan, kunci sukses pemilu ada beberapa faktor. Salah satu yang paling utama adalah penguatan wilayah. Struktur partai harus kuat dan solid, disamping itu harus didukung legitimasi dan legalitas formal.

“Struktur kami di Jawa Tengah sudah sangat kuat. Saya kenal baik secara personal dengan para ketua DPC. Ada legitimasi dan legalitas,” ungkapnya.

Kalau sudah kuat seperti itu, sudah tertata, arahnya sudah jelas, lanjut Pacul, tugas pemimpin partai tinggal monitor, memberikan arahan, memberikan penguatan.

Lebih lanjut Sekretaris Fraksi PDIP ini menjelaskan, Mendapat tugas bidang pemenangan pemilu tidak mudah apalagi wilayah dan kulturnya beda beda
Jadi harus banyak belajar.

“Lha saya anak Jawa, lahir di Jawa, besar dengan kultur Jawa. Sekarang saya di Jawa Tengah pas ini. Sekarang harus ke pusat. Susah ini. Saya harus mempelajari kultur mereka satu persatu,” bebernya.

Agenda terdekat yang harus disiapkan bidang pemenangan pemilu adalah Pilkada Serentak 2020 mendatang. Pacul mengaku akan segera mempelajari daerah daerah yang menggelar pilkada serentak. Mengingat selama ini dirinya fokus dalam pemenangan di 21 kab/kota yang akan melaksanakan pilkada serentak.

“Saya mesti banyak mempelajari mana saja dan strateginya apa di Pilkada nanti,” pungkasnya.

(NK)