Home Headline Bambang Krebo: Petugas Medis Harus Terlindungi dalam Penanganan Covid-19

Bambang Krebo: Petugas Medis Harus Terlindungi dalam Penanganan Covid-19

684

SEMARANG, 5/5 (Beritajateng.net) – Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto menekankan bahwa petugas medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19 halus terlindungi dari resiko penularan virus yang telah menyerang ratusan jajaran paramedis ini. Salah satu upaya yang dilakukan adalah tercukupinya kebutuhan alat pelindung diri.

Hal tersebut disampaikan Bambang (Krebo) Kusriyanto saat menyerahkan bantuan APD dari DPD PDI Perjuangan Jateng di Puskesmas Leyangan Kecamatan Ungaran Timur, Selasa (5/5).

“Petugas medis ini memiliki resiko pasling besar tertular Covid-19 karena berada di garda terdepan. Oleh karena itu mereka harus terlindungi,” ungkapnya usai menyerahkan APD.

APD yang diserahkan meliputi Masker, Baju Hazmat, Disinfektan dan face shield untuk tenaga medis di Puskesmas tersebut. Bantuan ini merupakan upaya nyata PDI Perjuangan Jateng dalam memerangi Pandemi Covid-19 dalam program PDI Perjuangan Peduli Covid-19.

“Ini sebagai bentuk perhatian dan merupakan perintah Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri untuk ikut memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” katanya.

Dia berharap APD yang diserahkan bisa membantu para tenaga medis di Puskesmas. Bambang juga meminta pihak Puskesmas membagikan masker kepada para pasien dan pengunjung yang belum mengenakan masker.
“Mudah-mudahan bantuan ini bisa membantu teman-teman tenaga medis. Mari sama-sama menjaga kondisi daerah masing-masing dari penyebaran virus corona,” kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jateng itu.

Menurut Bambang, saat ini masyarakat diminta tetap berada di rumah. Upaya ini dalam rangka membantu tenaga medis sekaligus untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang pertama kali ditemukan menjangkiti warga Wuhan, Cina ini.

“Masyarakat saya minta tetap di rumah untuk ikut membantu tenaga medis. Jangan sampai terjadi lagi tenaga medis menjadi korban karena tertular Covid-19,” tandasnya.

Kepala Puskesmas Leyangan dr Nailah, MKes mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan. Menurutnya, kebutuhan APD sangat tinggi dalam melindungi tenaga medis, sementara ketersediaannya sangat terbatas.

“Ini sangat berarti bagi kami para tenaga medis. Selama ini kebutuhan APD cukup tinggi,” ujarnya.

Bantuan APD yang dilakukan oleh Bambang Krebo sebelumnya juga diberikan untuk jajaran Paramedis di Puskesmas Kalongan juga di Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Di Puskesmas ini, politisi yang pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Semarang selama 3 periode ini juga mendapat keluhan terbatasnya Rapid Test bagi mereka.

“Selama ini kami baru sekali melakukan pemeriksaan dengan metode Rapid Test. Kami berharap difasilitasi pemeriksaan agar kami terlindungi,” tandas salah satu perawat di Puskesmas Kalongan.

(NK)