Home Lintas Jateng Balai Bahasa Jateng Gelar Lomba Pidato antar SKPD

Balai Bahasa Jateng Gelar Lomba Pidato antar SKPD

Salah seorang peserta Lomba Pidato Bahasa Jawa

Salah seorang peserta Lomba Pidato Bahasa Jawa

Semarang, 26/3 (BeritaJateng.net) – Pemerintah provinsi dan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menggelar lomba pidato berbahasa jawa yang diikuti pegawai dan pejabat SKPD Provinsi Jawa Tengah, Kamis (26/3/2015) siang. Lomba digelar di Wisma Perdamaian kawasan Tugu Muda Semarang.

Kegiatan kali pertama ini mengambil tema “Tumuju Jawa Tengah Ingkang Jujur lan Tinarbuka”. Dalam lomba ini memperebutkan juara 1,2 dan 3 dengan 2 kategori Pejabat dan pegawai SKPD Jateng dan Umum, juara akan mendapatkan trophy gubernur, piagam dan uang pembinaan.

Agus Sudono, Ketua Panitia mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka melestarikan bahasa khususnya bahasa Jawa.

“Dengan adanya Perda No. 9 tahun 2012 tentang bahasa satra dan aksara jawa di pemerintahan, maka Pemerinta daerah ikut ambil mengembangkan dan melestarikan,” ucapnya.

Event lomba tersebut disambut antusias peserta, sedikitnya 50 peserta dari SKPD Jateng dan 50 peserta umum. Para peserta diberikan waktu sekitar 7 menit untuk berpidato, dan dengan beberapa kriteria yang dinilai yakni penampilan bahasa dan peruntutan tata bahasa.

Peserta dinilai oleh akademisi dari Universitas IKIP dan Universitas Negeri Semarang dan dari media RRI semarang, dinas pendidikan Jateng dan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. (BJ06)