Home Lintas Jateng Balai Bahasa Beri Penghargaan Prasidatama Pada 11 Tokoh Bahasa dan Sastra Berpengaruh...

Balai Bahasa Beri Penghargaan Prasidatama Pada 11 Tokoh Bahasa dan Sastra Berpengaruh di Jateng 

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Suratno (putih) memaparkan dalam presconference sebelas tokoh yang memeroleh penghargaan 'Prasidatama'.
Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Suratno (putih) memaparkan dalam presconference sebelas tokoh yang memeroleh penghargaan 'Prasidatama'.
Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Suratno (putih) memaparkan sebelas tokoh yang memeroleh penghargaan ‘Prasidatama’.

Semarang, 10/10 (BeritaJateng.net) – Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah berencana memberikan penghargaan ‘Prasidatama 2015’ kepada 11 tokoh bahasa maupun sastra yang berpengaruh di Jawa Tengah.

“Jateng merupakan salah satu provinsi yang memiliki sederetan nama bahasawan dan sastrawan serta penggiat bahasa dan sastra yang eksistensinya tidak diragukan lagi bahkan di kancah nasional bahkan dunia,” kata Kepala Balai Bahasa Jateng Pardi Suratno, di Semarang, Jumat.

Suratno mengatakan, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah sebagai lembaga yang bertugas melakukan pembinaan, pengembangan, dan perlindungan bahasa dan sastra di Jateng perlu memberikan penghargaan kepada mereka yang telah berjasa membawa nama Jawa Tengah di dunia bahasa dan sastra.

Menurutnya, Prasidatama merupakan penghargaan yang diberikan kepada tokoh yang menunjukkan komitmennya terhadap pengembangan bahasa dan berjasa membawa nama Jateng di dunia bahasa dan sastra.

Pemberian penghargaan semacam itu, kata dia, sudah dilakukan Balai Bahasa Jateng sejak 2013 sehingga sekarang ini merupakan tahun ketiga pemberian penghargaan bidang bahasa dan sastra.

“Pada 2013, penghargaan yang diberikan masih sebatas kepada tokoh dan lembaga pengguna bahasa Indonesia. Untuk tahun ini, kami kembangkan dalam sepuluh kategori penerima penghargaan,” katanya.

Kesepuluh kategori penerima pengharagaan itu, antara lain tokoh publik berbahasa Indonesia terbaik yang diberikan kepada Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof Muhammad Nasir.

Tokoh publik berbahasa Jawa terbaik diberikan kepada Sekretaris Daerah Jateng Dr Sri Puryono, pejabat berkomitmen terhadap bahasa dan sastra diberikan kepada Bupati Pati Haryanto.

“Kategori tokoh pengabdi sastra diberikan kepada dua tokoh, yakni Darmanto Jatman dan NH Dini. Gus Mus akan dianugerahi penghargaan untuk kategori budayawan peduli bahasa dan sastra,” katanya.

Sementara penerima penghargaan Prasidatama kategori tokoh penggiat bahasa dan sastra Jawa ada Pudjo Sumedi yang merupakan pengelola majalah ANCAS bahasa Banyumasan. Ada pula Triyanto Tiwikromo yang memeroleh penghargaan kategori Sastrawan Indonesia,  Rini Tri Puspohardini kategori sastrawan Jawa dan Hanindawan memeroleh penghargaan kategori penggiat bahasa dan sastra Indonesia.

Sedangkan kategori media massa diperoleh Harian umum Solopos atas perhatian besarnya terhadap bahasa dan sastra Jawa.

Penyerahan penghargaan “Prasidatama 2015”, kata dia, rencananya dilakukan pada Sabtu, 10 Oktober 2015 di Gedung Prof Soedarto Universitas Diponegoro (Undip) di kampus Tembalang, Semarang. (Bj05)