Home Hukum dan Kriminal Baku Tembak Polisi dengan Teroris di Poso, Satu Teroris Tewas

Baku Tembak Polisi dengan Teroris di Poso, Satu Teroris Tewas

447

 

Poso, 15/1/16 (BeritaJateng.net) — Pasca Bom Sarinah pihak kepolisian gencar melakukan penyisiran di beberapa titik di poso. Saat penyisiran dilakukan terjadi aksi baku tembak antara polisi dengan kelompok teroris di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, tepatnya di Pegunungan Tinobe, Desa Taunca, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso. Aksi baku  tembak ini menyebabkan seorang terduga teroris tewas di lokasi kejadian.

Kapolres Poso AKBP Rony Suseno mengatakan terjadi kontak senjata antara personel brimob dengan kelompok sipil bersenjata di pegunungan tinobe yang berlangsung hingga tiga jam.

“Ada satu orang tewas dari kelompok sipil bersenjata dan jenazahnya sedang dievakuasi,” kata Rony di kantornya, (15/1/16).

Menurut Kapolres, aksi baku tembak itu terjadi dalam sebuah strategi penyergapan setelah sebelumnya polisi mendampatkan informasi adanya camp tempat aktivitas para pelaku teror yang didirikan sejak tahun baru 2016.

Pasukan brimob kemudian melakukan penyergapan dan para pelaku melakukan perlawanan dengan melempari bom personel Brimob.

“Mereka lebih dulu melempar bom dan kami melakukan perlawanan sehingga terjadi baku tembak,” ujarnya.

Ronny menjelaskan pasukan yang diterjunkan sebanyak 60 personel TNI dan Polri yang disebar di enam titik, sementara kelompok teroris pimpinan Santoso, pimpinan Laskar Mujahiddin Indonesia Timur itu diperkirakann sebanyak 15 orang.

“Setelah kontak senjata, para teroris melarikan diri dan penyisiran masih terus dilakukan di sekitar pegunungan tempat kejadian,” ungkapnya.

Barang bukti yang sementara berhasil yang diamankan berupa satu unit bom rakitan namun pencarian barang bukti masih terus dilakukan.

Camp yang digunakan para teroris tersebut merupakan pondok miik masyarakat, terletak sekitar 20 km dari Desa Taunca.(Bj50)