Bakohumas Harus Paham Kebutuhan Informasi Masyarakat

Kepala Diskominfo Kendal saat memberikan pembinaan smart city di Tirto Arum.
              KENDAL, 5/9 (BeritaJateng.net) — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kendal menggelar pembinaan terhadap Badan Koordinasi Kehumasan Masyarakat (Bakohumas). Yakni untuk meningkatkan peran masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD), dalam hal penyebarluasan informasi pembangunan dan kebijakan kepada masyarakat.
               Kepala Diskominfo Muryono mengatakan jika kebutuhan akan akses informasi ke masyarakat sangat cepat. Termasuk informasi menengai pembangunan dan kiebijakan yang tengah dilakuan Pemkab Kendal. Makanya, pemerintah tidak boleh menutup diri dengan memenuhi kebutuhan informasi tersebut.
              Hal ini menurutnya, juga sebagai upaya mewujudkan Kendal sebagai Kabupaten smart city (kota cerdas).  Menurutnya smart city merupakan konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat. Terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien. Sehingga mnasyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi.
                  “Sebuah kota dikatakan smart apabila kota tersebut benar-benar dapat mengetahui keadaan kota di dalamnya. Memahami permasalahan tersebut secara lebih mendalam, hingga mampu melakukan aksi terhadap permasalahan tersebut,” katanya.
                 Sementara, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas komunikasi dan Informatika Pemprov Jateng Evi Sulistyorini, mengatakan, pengembangan dan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta penerapan elektronifikasi merupakan aspek penting menuju penerapan konsep smart city. diharapkan nantinya dapat memperbaiki pelayanan pemerintah daerah untuk menghasilkan proses kerja yang lebih efektif dan efisien.
                 Dijelaskannya, partisipasi warga masyarakat sangat penting dalam konsep smart city. “Dengan predikat kota cerdas, sebuah daerah mampu melakukan efisiensi dalam segala sektor lantaran semua sudah terkoneksi jaringan internet maupun intranet,” katanya.
                 Semakin besar dukungan warga dan pemerintah daerah setempat untuk mencapai Kota Cerdas dari berbagai aspek, semakin besar peluang kota atau daerah tersebut mewujudkan onsep Kota Cerdas.
                  Kegiatan seminar bakohumas tingkat Kabupaten Kendal diikuti 70 ASN dari berbagai OPD dan 20 kecamatan di Kabupaten Kendal. Narasumber berasal dari Diskominfo Jateng Evi Sulistyorini dan Kabid E-Goverment Muhamad Agung Hikmati. (sty/el)

Tulis Komentar Pertama