Home Kesehatan Bahaya!!! Sapi TPA Jati Barang Tak Layak Untuk Hewan Kurban

Bahaya!!! Sapi TPA Jati Barang Tak Layak Untuk Hewan Kurban

65
0
Bahaya!!! Sapi TPA Jati Barang Tak Layak Untuk Hewan Kurban

Semarang, 24/8 (BeritaJateng.net) – Menjelang Perayaan Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian Kota Semarang, menghimbau kepada pemilik sapi yang digembalakan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang tidak untuk dijual sebagai hewan kurban. Sapi-sapi yang berjumlah kurang lebih seribu ekor tersebut sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia.

Kepala UPTD TPA Jati Barang, Kota Semarang, Wahyu Heriawan menjamin ribuan sapi yang setiap harinya memakan sampah tersebut tidak diperjualbelikan sebagai hewan kurban. Pihaknya akan terus mengawasi dan mengedukasi warga pemilik sapi agar tidak menjual dan disembelih di Hari Raya Idul Adha karena sangat berbabahaya bagi kesehatan.

“Untuk hewan kurban sapi tpa jati barang tidak keluar untuk kurban meskipun sapi cari makannya di TPA saya jamin sapi di TPA aman tidak untuk keluar,” tegasnya saat di temui di Kantor TPA Jatibarang Semarang, Kamis (24/8) Siang.

Bahaya!!! Sapi TPA Jati Barang Tak Layak Untuk Hewan Kurban
Bahaya!!! Sapi TPA Jati Barang Tak Layak Untuk Hewan Kurban

Selain mengandung zat kimia timbale, sapi-sapi tersebut juga terdapat bakteri ecoli dan cacing di organ dalamnya. Hal ini dikarenakan setiap harinya sapi memakan segala jenis sampah yang berada di tempat pembuangan akhir. Apabila akan dikonsumsi, sebaiknya sapi tersebut dikarantina terlebih dulu.

“Kedepan Pak Walikota melalui Dinas Kebersihan Pertamanan, untuk sapi di TPA Jati barang akan di isolasi dan nanti makannya tidak campur, namun murni sampah dari pasar karena sampah dari pasar banyak sayur dan buah,” tambahnya.

Untuk menghilangkan zat berbahaya yang terkandung di sel darah, daging dan organ dalam, sapi harus dikarantina minimal tiga bulan sebelum dikonsumsi. dengan memberikan makanan berupa daun-daunan dan pemberian vitamin. untuk itu, Dinas akan mengawasi sapi agar tidak dijual sebagai hewan kurban. (NH/EL)