Home Lintas Jateng Badan Penanggulangan Bencana Negara se ASEAN ‘Berguru’ Ke PMI Solo

Badan Penanggulangan Bencana Negara se ASEAN ‘Berguru’ Ke PMI Solo

446
kunjungan BPBD ASEAN
kunjungan BPBD ASEAN
kunjungan BPBD ASEAN

Solo, 1/5 (BeritaJateng.net) – Kunjungan Badan Penanggulangan Bencana Negara se ASEAN mengunjungi Griya Palang Merah Indonesia (PMI) Solo.          
Kedatangan delegasi dari negara ASEAN ke Solo berdasarkan rekomendasi dari PMI Pusat. 

Juru bicara Palang Merah Indonesia (PMI) Sumartono Hadinoto menjelaskan jika kunjungan dari negara yang berjumlah 26 peserta diantaranya berasal dari Thailand, Philipina, Singapura, Malaysia yang merupakan negara ASEAN di tambah dari perwakilan dari luar ASEAN mengunjungi Griya PMI Solo.

Kunjungan dari  dari Badan Penanggulangan Bencana Negara se ASEAN ini  karena ingin mengetahui lebih dekat terkait Palang Merah Indonesia (PMI) Solo yang banyak memiliki sarana yang lengkap dan  berbeda dari PMI kebanyakan yang hanya mengurusi ketersediaan darah.

PMI Solo sebagai lembaga kemanusiaan selalu berada di depan untuk membantu dalam seriap musibah atau bencana yang kapan saja bisa terjadi. Bahkan PMI sendiri bukan hanya menjadi tujuan bagi masyarakat untuk mencari atau mendonorkan darahnya. Namun PMI Solo juga memiliki banyak jenis kegiatan terkait kemanusian.  

“PMI Solo memiliki banyak kegiatan kemanusiaan lain seperti menyediakan penanganan trauma bencana, akupuntur,  cuci darah gratis bagi pasien tidak mampu bahkan Solo juga memiliki  griya untuk lansia yang terlantar dan rehabilitasi mental sosial untuk pasien sakit jiwa,” jelas Martono panggilan akrabnya  ketika dihubungi melalui telepon selulernya, Jumat (1/5/2015). 

Selama ini lanjut Sumartono, Palang Merah Indonesia Solo sebagai salah satu lembaga kemanusiaan salah satunya dengan mengupayakan membantu merehabilitasi pasien sakit jiwa di Griya PMI Solo.

Jumlah pasien yang saat ini ditangani ada sekitar 76 pasien laki-laki dan 40 pasien perempuan. Bahkan terhitung dari tahun  2012 lalu  hampir 360-an pasien sakit jiwa berhasil direhabilitasi  dipulihkan di Griya PMI Solo ini dan dikembalikan ke keluarganya. (BJ24)