Home News Update Badan Amil Zakat Salurkan Zakat Rp2,4 Miliar

Badan Amil Zakat Salurkan Zakat Rp2,4 Miliar

badan amil zakat

Padang Panjang, Sumbar, 7/1 (BeritaJateng.net) – Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) telah menyalurkan zakat sebesar Rp2,46 miliar kepada mustahik atau penerima zakat selama 2014.

“Terhitung dari Januari sampai Desember 2014, kami telah menyalurkan dana zakat kepada penerima dengan total Rp2.462.769.800,” kata Ketua Harian BAZ Kota Padang Panjang Rafles Sama, Rabu.

Dia mengatakan, pendistribusian zakat tersebut diberikan kepada penerima zakat melalui beberapa program, seperti Padang Panjang makmur disalurkan sebesar Rp1,15 miliar dengan jumlah penerima 342 kepala keluarga.

Selanjutnya, Padang Panjang Cerdas sudah disalurkan sebesar Rp590,4 juta dengan jumlah penerima 296 orang, Padang Panjang sehat sebesar Rp104, 2 juta dengan jumlah penerima 55 orang dan Padang Panjang peduli sebesar Rp608,2 juta dengan jumlah penerima 1066 orang.

“Sedangkan untuk penyaluran secara kolektif selama 2014 sudah empat tahap dengan jumlah penerima sebanyak 342 orang. Sementara insidentil hampir setiap hari,” katanya.

Dia menjelaskan, dana zakat Padang Panjang cerdas diberikan untuk pendidikan disalurkan kepada siswa dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin, namun mereka memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan.

“Kami memberikan semacam beasiswa yang bertujuan untuk mendorong agar para siswa/mahasiswa tersebut bisa melanjutkan pendidikannya walaupun mereka keterbatasan ekonomi,” ujarnya.

Dia menyampaikan, dana zakat yang disalurkan kepada mustahik tersebut, berasal dari zakat seluruh pegawai negeri sipil (PNS) dan para pengusaha yang ada di daerah itu.

“Untuk PNS yang menyalurkan zakatnya melalui BAZ rata-rata 2,5 persen dari gaji yang diterimanya. Sedangkan pengusaha kita tidak menetapkan tergantung dari keinginan pengusaha itu sendiri,” katanya.

Dia menambahkan, BAZ dalam mengumpulkan zakat menargetkan Rp3 miliar selama 2014 dengan menggaet para wajib zakat di daerah itu.

“Saat ini pihak swasta sudah mulai bertambah menyalurkan zakat ke BAZ Padang Panjang, sehingga semakin banyak zakat terkumpul akan semakin banyak pula mustahik yang akan terbantu,” katanya.

BAZ Padang Panjang berhasil mengumpulkan zakat dari muzakki (pemberi zakat) sebesar Rp2,8 miliar selama 2014. Setiap mustahik yang mendapat dana bantuan dari BAZ akan dibina sampai mereka bisa keluar dari keterpurukan ekonomi.

“Bantuan itu akan kita pantau setiap saat sejauh mana pemanfaatannya, sehingga penyaluran bantuan itu tidak salah sasaran yang diharapkan bisa membangkitkan perekonomian masyarakat,” katanya. (ant/BJ)