Home Lintas Jateng Awasi Pembangunan Pasar Batang!

Awasi Pembangunan Pasar Batang!

Batang, 16/12 (Beritajateng.net)– Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, membuka posko pengaduan pengendalian pembangunan Pasar Induk Batang melalui “call center” sehingga semua pihak dapat ikut mengawasi penggunaan dana proyek tersebut.

Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo di Batang, Selasa, mengatakan bahwa pemkab telah menganggarkan dana revitalisasi pembangunan Pasar Induk Batang sebesar Rp75 miliar karena kondisinya sudah tidak layak untuk lokasi berjualan.

“Pembangunan Pasar Induk Batang itu sudah direncanakan direvitalisasi pada 1992 tetapi baru direalisasikan 2015 karena kondisi pasar kumuh dan semprawut,” katanya.

Menurut dia, pembangunan pasar yang semula dianggarkan sebesar Rp85 miliar ini terpaksa harus dipangkas menjadi Rp75 miliar karena harus menyesuaikan keuangan yang dimilik pemkab.

“Dana revitalisasi pembangunan pasar ini bersumber pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Akan tetapi, dengan pertimbangan kondisi keuangan daerah maka pembangunan pasar yang semula dianggarkan Rp85 miliar dipangkas menjadi Rp75 miliar,” katanya.

Ia mengatakan sebenarnya sudah banyak investor yang menawarkan untuk membangun pasar tersebut. Namun dengan pertimbangan untuk tidak memberatkan para pedagang membayar kios atau los maka penawaran dari invesror ditolak.

“Tawaran dari sejumlah investor relatif banyak tetapi semuanya kami tolak karena pertimbangan pemkab untuk tidak memberatkan para pedagang. Oleh karena itu, konsekuensinya kami harus menggunakan dana APBD,” katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Batang Teguh Raharjo mengatakan pembangunan pasar menggunakan uang rakyat sehingga semuanya direncanakan dengan benar dan matang sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, serta tidak melanggar peraturan.

“Kami mendukung pembangunan Pasar Induk Batang. Akan tetapi dalam proses pembangunanya haruslah berhati-hati dan tidak menyalahi peraturan,” katanya.(ant/pj)