Home Headline Awasi Kota Semarang dengan Integrasi Seluruh CCTV lewat Situasion Room

Awasi Kota Semarang dengan Integrasi Seluruh CCTV lewat Situasion Room

4160
Awasi Kota Semarang dengan Integrasi Seluruh CCTV lewat Situasion Room

Semarang, 21/2 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kota Semarang bakal mengintegrasikan seluruh perangkat closed-circuit television (CCTV) yang ada di berbagai titik untuk mengawasi situasi kota guna menekan tindak kriminalitas.

“Ini adalah pengembangan Monitoring Room yang sudah kami miliki. Namanya, Situation Room,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat meresmikan Situation Room di Kompleks Balai Kota Semarang.

“Situation Room terletak persis di atas Kantor Wali Kota Semarang yang berperan mengawasi kondisi lalu lintas, rumah pompa, wilayah banjir, progres kegiatan pembangunan, hingga tren percakapan di media sosial.

Sebelumnya, Monitoring Room yang dimiliki hanya sebatas menyajikan data-data, sementara dengan Situation Room sudah bisa langsung diolah untuk dihasilkan menjadi sebuah kegiatan yang konkrit.

Awasi Kota Semarang dengan Integrasi Seluruh CCTV lewat Situasion Room

Termasuk, kata Hendi, sapaan akrab politikus PDI Perjuangan itu, kondisi keamanan di Kota Semarang dengan mengintegrasikan seluruh perangkat CCTV yang ada di wilayah itu untuk terhubung dengan Situation Room.

“Jadi, semua urusan Kota Semarang terhubung dalam Situation Room ini, mulai kondisi lalu lintas, kondisi rumah pompa, mendeteksi wilayah banjir, kegiatan pembangunan, hingga kondisi keamanan,” katanya.

Untuk mengintegrasikan seluruh CCTV yang ada di Kota Semarang, kata dia, diperlukan partisipasi masyarakat karena membutuhkan alamat IP (internet protocol) dari masing-masing CCTV yang dimiliki masyarakat.

“Penting untuk masyarakat proaktif dengan memberitahu kami mengenai alamat IP CCTV yang dimiliki masing-masing, baik itu di lingkunagn perumahan, kantor, pusat perbelanjaan, toko, sekolah, dan lainnya,” katanya.

Dengan perangkat CCTV yang saling terhubung dan terintegrasi, lanjut dia, tentunya akan semakin mempermudah Pemkot Semarang dan kepolisian untuk memantau kondisi keamanan di seluruh wilayah di Kota Semarang.

Hendi optimistis dengan terintegrasinya seluruh CCTV yang ada di Kota Semarang dapat menekan angka kriminalitas dan penindakan terhadap kasus kriminal yang terjadi dapat dilakukan secara lebih cepat.

“Kalau seluruh CCTV yang ada di Kota Semarang sudah terhubung, semakin mempermudah kami dan sedulur-sedulur kepolisian memantau kondisi keamanan. Di manapun lokasinya, kalau mencurigakan langsung terpantau,” katanya. (El)