Home Headline ATM BRI di Kendal Nyaris Dibobol Kawanan Pencuri

ATM BRI di Kendal Nyaris Dibobol Kawanan Pencuri

Warga menyaksikan pembobolan ATM BRI Kendal.
Warga menyaksikan pembobolan ATM BRI Kendal.
Warga menyaksikan pembobolan ATM BRI Kendal.

Kendal, 23/1 (BeritaJateng.net) – Sebuah ATM BRI di Brangsong Kendal nyaris dibobol kawanan pencuri. Beruntung penjaga malam Safrudin (45) mengetahui aksi kawanan maling tersebut.

Kejadian yang menggemparkan itu terjadi sekira pukul 21.20 WIB, Safrudin mempergoki kawanan pencuri saat mencongkel mesin dengan menggunakan sebatang linggis.

Aksi pencurian diketahui oleh Safrudin melalui kamera CCTV dan pelaku kabur ke arah timur.

Safrudin mengatakan, kondisi saat itu sepi dan cuaca turun hujan. Mesin ATM yang berada di teras BRI itu dicongkel menggunakan linggis. Meski belum sempat membawa kabur uang yang ada di dalam mesin ATM, tetapi pelaku sempat berhasil membuka pintu mesin bagian bawah.

“Pelaku masuk ke dalam ruang ATM menggunakan jaket dan helm. Satu orang masuk ke ruang mesin ATM dan mencongkel, sedangkan tiga lainnya menunggu di depan kantor BRI sambil menjaga sepeda motornya,” terang Safrudin, Jumat (23/1).

Sementara itu, Toyib penjaga malam lainnya juga mengatakan bahwa Kantor BRI Unit Brangsong setiap malam hanya dijaga satu orang penjaga. Dan biasanya juga ditemani pihak petugas Polsek setempat, ketika sedang melakukan patroli.

“Biasanya selain ada penjaga malam petugas kepolisian yang patroli juga ikut menemani. Tetapi saat kejadian, kebetulan petugas tidak ada yang datang menemani malam itu,” kata Toyib.

Dari aksi pembobolan mesin ATM itu, membuat beberapa bagian mesin menjadi rusak akibat gesekan benda keras dan tajam. Menurut Toyib, pembobolan mesin ATM di kantor BRI Unit Brangsong ini kerap terjadi dalam beberapa bulan pada tahun lalu.

“Namun dari aksi pembobolan mesin ATM itu, selalu diketahui dan dapat digagalkan,” imbuhnya.

Toyib menambahkan, setiap tanggal 25, sejumlah pegawai dan karyawan di beberapa instansi menerima gaji atau upah bulanan. Kemudian melalui ATM tersebut, sejumlah pegawai bisa mengambil upah mereka masing-masing.

Terpisah, Kapolsek Brangsong AKP Ponco ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. Namun pelaku belum sempat membawa kabur uang dari dalam mesin ATM. Karena sudah ketahuan dan digagalkan oleh penjaga malam.

“Pelaku belum sempat membawa uang yanga ada didalam mesin ATM. Karena ketahuan penjaga malam, kawanan pencuri akhirnya kabur melarikan diri,” jelasnya.

Pagi harinya, petugas kepolisian setempat datang ke lokasi untuk mengeidentifikasi dan mencari sidik jari di mesin ATM. Polisi juga memeriksa kamera CCTV yang berada di kantor BRI Unit Brangsong. Hingga saat ini kasus tersebut masih dalam penyelidikan Polsek Brangsong dan Polres Kendal. (BJ19)