Asyiknya Campsite di Sanggaluri Purbalingga 

Asyiknya Campsite di Sanggaluri Purbalingga 
            Purbalingga, 24/8 (BeritaJateng.net) – Berkemah di hutan atau di bumi perkemahan mungkin sudah menjadi hal biasa. Namun, jika berkemah di lokasi wisata, terasa lebih asyik. Selain menjalankan aktivitas berkemah, bisa juga menikmati berbagai wahana yang ada di tempat wisata itu. Sanggaluri Park di Desa Kutasari, Kecamatan Kutasari, Purbalingga, menyediakan paket berwisata atau yang dikemas dengan ‘Sanggaluri Campasite’.
            “Paket wisata campsite atau berkemah ini bisa diikuti anak-anak atau orang dewasa. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan, mulai dari outbound hingga api unggun di malam hari,” kata Supervisor Sanggaluri Park, Feby Ika.
             Feby mengungkapkan, paket wisata ini bisa dilakukan dua hari satu malam. Peserta datang pada siang hari. Setelah mengikuti berbagai kegiatan, mereka menginap semalam di lokasi objek wisata itu. ”Pada malam hari, siswa mengikuti berbagai aktivitas dan juga api unggun di alam terbuka,” kata Feby, Kamis (24/8).
             Untuk menyemarakkan suasana malam, pihaknya memasang banyak lampu lampion yang digantungkan di pohon-pohon di sekitar lokasi kemah itu.  Keesokan harinya, peserta mengikuti sejumlah permainan. Seperti flying fox, game darat, dan game air. Permainan paling menarik dan menantang adalah mission race.
            ”Jika peserta kemah dari anak-anak sekolah, peserta dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap peserta diberi uang receh Rp 500. Tugasnya, dengan uang itu anak harus bisa membawa pulang 5 macam jajan pasar,” katanya.
            Seluruh peserta kemudian diajak jalan belanja ke pasar Kutasari. Mereka dibebaskan untuk membeli aneka macam jajan tradisional, seperti kelepon, tape, golang galing, lapis, dan getuk.
Api unggun di Sanggaluri Campsite Purbalingga 
Api unggun di Sanggaluri Campsite Purbalingga 

”Dalam kemah wisata ini kita mengajak peserta khususnya anak-anak untuk keluar dari zona nyaman. Tidur di rumah yang biasa di bawah AC, sambil nonton TV, di kasur empuk, sekarang kita ajak mereka tidur di dalam kemah,” katanya.

            Selain mendapat 7 paket permainan, peserta kemah wisata juga mendapat makan 3 kali dan snak 2 kali. Dengan demikian, panitia tidak perlu repot-repot menyiapkan segala sesuatunya. ”Permainan apa yang ingin diadakan bisa negosiasi dengan kami. Lokasi kemah di sini mampu menampung 200 anak. Untuk mengikuti program ini minimal 30 anak,” katanya.
              Feby menambahkan, untuk mengikuti paket campsite peserta membayar Rp 250 ribu, dengan minimal 30 orang. Harga paket ini termasuk tiket masuk Sanggaluri, 3 kali makan, 2 kali coffe break, sleeping bed, tenda dome, satu tenda untuk tiga orang, api unggun, game darat, game air dan dokumentasi video.
Salah seorang peserta campsite, Intan warga Purwokerto mengungkapkan, berkemah di Sanggaluri sungguh menyenangkan, apalagi ketika api unggun. “Suasananya hangat. Pokoknya asyik banget,” ujar Intan. (yit/el)

Tulis Komentar Pertama