Home Life Style Astra Motor Jateng Ajak Anak-anak Belajar Safety Riding

Astra Motor Jateng Ajak Anak-anak Belajar Safety Riding

120
0
Astra Motor Jateng Ajak Anak-anak Belajar Safety Riding

Semarang, 20/10 (BeritaJateng.net) – Astra Motor Jateng kembali berikan edukasi aman berkendara sejak dini, kali ini kepada 110 Siswa/i TK Nurul Qur’an di Kantor Astra Motor Jl Gajah Mada Semarang pada 17-18 Oktober 2017. Edukasi kepada anak usia dini menjadi salah satu fokus tim safety riding Honda Jateng untuk menyebarkan perilaku aman berkendara kepada masyarakat.

Fokus terhadap penanaman perilaku aman berkendara sejak dini tidak main-main dilakukan oleh Astra Motor Jateng, pasalnya sampai akhir tahun ini perseroan menargetkan lebih dari 2.400 anak usia dini di Jateng bisa mendapatkan edukasi safety riding. Hingga saat ini, sudah ada 1.820 siswa/i TK dan PAUD yang sudah mendapatkan wawasan mengenai perilaku aman berkendara.

Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto, mengingatkan kembali bahwa isu aman berkendara di jalan raya, tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Pasalnya 80% kecelakaan di jalan raya terjadi akbiat faktor kelalaian perilaku pengendara.

“Untuk itu kami tanamkan sejak dini, sehingga mendapat wawasan berkendara dan tertib di jalan raya dengan tepat. Meskipun materi kami ubah dan dibuat sangat fun,” ujar Oke.

Sejak pagi, tim Safety Riding Astra Motor Jateng sudah menyulap halaman kantor Main Dealer menjadi tempat pelatihan yang mumpuni. Terbilang lengkap, fasilitas yang disediakan menyerupai yang ada pada taman lalu lintas, dimana tersedia marka jalan, rambu-rambu lalu lintas, otopet lengkap bersama helm dan rompi keselamatan, serta pin-pin petunjuk guna mengajarkan aman berkendara di jalan raya.

              Pelatihan aman berkendara yang dilakukan pada hari ini bertujuan untuk memberikan pengertian mendasar tentang perilaku aman di jalan raya, baik kepada siswa/i maupun orang tua yang mengantar. Penting bagi anak-anak untuk memahami rambu-rambu, serta kemungkinan bahaya yang terjadi di jalan raya, agar menjadi waspada.

Untuk orang tua, materi yang diberikan adalah bagaimana dalam kegiatan sehari-harinya yang melibatkan buah hati tercinta bisa terus aman, mengecilkan resiko yang ada. Selain itu, para orang tua juga diberikan pelatihan pada sesi praktik terkait keterampilan membonceng buah hati pada saat naik sepeda motor, teknik melewati jalanan berlubang dengan aman, dan pelatihan keseimbangan pada sesi narrow plank.

“Materi yang diberikan cukup menarik dan gak kepikiran. Seperti anak-anak selalu pakai baju yang berwarna cerah sehingga terlihat saat di jalan raya, terutama pada malam hari,” pungkas Fitria, salah satu orang tua dari murid TK Nurul Qur’an yang mengikuti sesi dari awal hingga akhir.

Pada tahun ini, lanjut Oke, secara keseluruhan Astra Motor Jateng menargetkan ada 147 kegiatan pelatihan safety riding, dengan target peserta sebanyak 12.180 orang. Lebih dari 65% dari target pelatihan tersebut, dialokasikan untuk lembaga pendidikan.

Selain diadakan secara berkala di kantor wilayah Astra Motor Jateng, pelatihan aman berkendara untuk anak usia dini juga berjalan rutin pada fasilitas Taman Lalu Lintas Honda yang terletak di Kampung Safety Honda Pandean Lamper, tepatnya pada area kantor kelurahan Pandean Lamper.

Kedepannya, Astra Motor Jateng akan terus menggencarkan kampanye aman berkendara kepada seluruh lapisan masyarakat, dengan mencari pola-pola baru dan menarik dalam meningkatkan kesadaran aman berkendara. Tidak hanya mengejar kuantitas, namun juga kualitas dari pelatihan yang diberikan.(AK/El)