Home Ekbis Astra International Ajak Masyarakat Sadar Tertib Berlalu lintas

Astra International Ajak Masyarakat Sadar Tertib Berlalu lintas

1351
0

Semarang, 22/9(BeritaJateng.net) – PT Astra International gelar Festival Kampung Berseri Astra (KBA) ”Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas” (IAABL) pada 22 dan 23 September di Kota Semarang. Kegiatan tersebut untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam berkendara dengan aman dan selamat, Astra memilih Kota Semarang karena melihat komitmen pemkot untuk menjadikan Semarang lebih tertib dalam berlalu lintas dan bersamaan dengan hari ulang tahun polisi lalu lintas yang ke-63 pada 22 September ini.

Hari pertama kegiatan diisi seminar dan eksibisi IAABL di Universitas Diponegoro Semarang. Acara dihadiri para pelajar, mahasiswa, berbagai komunitas, serta masyarakat umum. Disediakan hadiah bagi peserta yang mengikuti beraneka kompetisi seru, seperti lomba menghias helm, lomba foto dan kuis siapa berani. Hari kedua berupa kegiatan gerak jalan, dimulai dari KBA di Kota Semarang yang ada di Pandean Lamper, Gayamsari. Turut hadir Direktur Keselamatan Korlantas Polri Brigjend Pol Dr Chrysnanda Dwilaksana dan Walikota Semarang Hendrar Prihadi diwakili Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang M Khadik.

”Keselamatan lalu lintas merupakan penopang produktivitas dalam kehidupan. Kami mengharapkan masyarakat sadar bahwa keselamatan berkendara merupakan hak semua orang. Selama ini, masih banyak masyarakat yang menganggap berlalulintas adalah hal sepele,” ungkap Direktur Chrysnanda,di auditorium Undip.

Sementara itu, Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah mengutarakan KBA merupakan wujud nyata kontribusi sosial berkelanjutan bagi masyarakat. Memiliki konsep pengembangan terintegrasi empat bidang yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan Kewirausahaan. Grup Astra kini memiliki 77 KBA di 34 provinsi di Indonesia.

”Program ini sejalan dengan arahan pemerintah menciptakan Desa Maju, Mandiri dan Sejahtera. Astra berkomitmen mengembangkan KBA menuju Desa Sejahtera dengan menjadikannya Bersih, Sehat, Cerdas dan Produktif (Berseri) di seluruh Kabupaten/Kota se-Indonesia,” pungkasnya.

Lanjutnya, gelaran Festival Kampung Berseri Astra ”Indonesia Ayo Aman Berlalulintas” bertujuan mengajak masyarakat lebih memahami dan peduli cara berlalu-lintas yang aman. Ini diyakini secara tidak langsung dapat mengurangi angka korban jiwa kecelakaan.

”Kegiatan ini sejalan dengan rangkaian program edukasi Astra pada tahun-tahun sebelumnya dengan tema sama. Pada prinsipnya, Astra harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya di mana pun berada. Sesuai butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara,” tambahnya.(AK/El)