Home Hiburan Asiknya Menanti Berbuka Puasa Dengan Menggambar Wayang

Asiknya Menanti Berbuka Puasa Dengan Menggambar Wayang

image

Semarang, 5/7 (BeritaJateng)-Sanggar Seni Rupa Paku Budaya setiap tahun pada bulan Ramadhan mengadakan kegiatan berbuka puasa dan menggambar wayang untuk anak-anak. Belajar dari kisah Walisongo, Sunan Kalijaga yang berdakwah menggunakan media wayang dan kearifan lokal.

Berada di Jalan Palebon Tengah RT 04 RW XI Kawasan Sukarno Hatta. Ki Djoko Sutedjo yang akrab disapa Ki Djoko, pemilik sanggar menjelaskan dengan adanya kegiatan ini baik dari anak-anak dan orang tua sangat mendukung. “Diikuti anak-anak usia TK dan SD, saya melatih sudah selama 5 tahun tanpa dipungut biaya, apalagi dalam rangka buka puasa, “ujarnya, Minggu (5/7).

Peserta yang hadir sebanyak 60 anak. Hendra Dwi Kurniawan dari SD Palebon 03, mengaku tidak susah mewarnai gambar wayang Arjuna karena hobi mewarnai. Sementara itu Diyo Irma Nugraha dari SD Palebon 01 mewarnai gambar Arjuna lumayan susah karena di sekolah tidak diajarkan. Ia mengatakan udah mengikuti kegiatan ini dari tahun 2014 kemarin.

“Sebenarnya tujuan dari kegiatan ini adalah agar anak-anak kita mengetahui jenis-jenis tokoh wayang dan karakternya serta jangan sampai terpengaruh oleh kesenian asing yang tidak sesuai dengan kepribadian anak-anak Indonesia, “imbuh Ki Djoko.

Seperti tokoh Arjuna yang memiliki sifat berbudi luhur, suka bertapa istilah jaman sekarang berpuasa. Hal ini ungkapnya perlu ditanamkan kepada anak-anak. “Pemilihan warna sesuai aslinya, berhubung masih anak-anak, jadi dibebaskan yang penting ada niat,”katanya.

Untuk mensiasati supaya anak-anak tetap senang, ki Djoko menyiapkan buka puasa ditambah jajan biar semangat. Sembari belajar kebudayaan dan agama. (BJT01)