Home Lintas Jateng Asik…Pemkot Solo Bakal Nambah Lima Unit BST

Asik…Pemkot Solo Bakal Nambah Lima Unit BST

Solo, 9/12 (Beritajateng.net) – Pemerintah Kota Surakarta menambah lima unit bus Batik Solo Trans (BST) senilai Rp3 miliar yang akan dioperasikan di koridor dua dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Pemkot Surakarta Yosca Herman Sudrajad di Solo, Selasa, mengatakan penambahan armada tersebut dimaksudkan untuk memperpendek jarak antarbus yang beroperasi di koridor dua.

“Lima bus senilai Rp3 miliar itu sudah tiba di Kota Solo dan akan segera dilakukan pengecekan fisik dilanjutkan uji kir,” katanya.

Setelah seluruh persyaratan terpenuhi, lanjutnya, bus tersebut akan segera dioperasikan bersama dengan bus-bus lain yang sudah beropersi terlebih dahulu.

Dikatakan seluruh bus tersebut nantinya bakal dioperasikan di koridor dua dengan rute Kartasura-Gajahmada-Palur PP. Rute itu saat ini baru beroperasi 16 BST, dengan kondisi itu jarak antar bus yang melintas masih cukup lama yakni sekitar 11-15 menit.

Menurut dia, dengan penambahan lima BST tersebut nantinya jarak waktu melintas bisa diperpendek menjadi sekitar tujuh menit. “Jarak seperti ini cukup ideal bagi para penumpang, sehingga penumpang tidak terlalu lama menunggu di halte pemberhentian saat hendak berpergian menggunakan BST,” katanya.

Ia mengatakan dengan ditambahkannya lima bus baru itu, masyarakat akan semakin tertarik menggunakan BST dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sehingga hal itu juga bisa digunakan untuk memecah kemacetan arus lalu lintas di Kota Solo yang sudah dipenuhi oleh kendaraan pribadi.

“Dengan semakin banyaknya armada dan semakin meningkatnya pelayanan dari BST, maka secara otomatis masyarakat mulai meninggalkan kendaraan pribadi mereka. Saya harap dengan pelayanan yang terus kami tingkatkan ini, tingkat keterisian mampu melebihi 70 persen dalam sekali jalan,” katanya.(ant/pj)

Advertisements