Home Lintas Jateng Asik…di Salatiga Kini Ada Car Free Day

Asik…di Salatiga Kini Ada Car Free Day

image
Foto: salatigakota.go.id

SALATIGA, 26/4 (Beritajateng.net) – Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, secara resmi meluncurkan Car Free Day (CFD) Salatiga di Lapangan Pancasila, Minggu, 26/4.

Kegiatan yang bertajuk Car Free Day to Green ini bertujuan untuk mengurangi dampak emisi gas buang kendaraan bermotor yang semakin hari semakin tinggi.

Kegiatan ini diramaikan dengan senam massal yang diikuti ratusan masyarakat, kesenian drumblek khas Salatiga, pemasangan tong sampah dan juga kegiatan pungut sampah bersama.

Peluncuran CFD ini merupakan kerjasama antara Kantor Lingkungan Hidup (KLH), Dinas Perhubungan Komunikasi, Kebudayaan dan Pariwisata (Dishubkombudpar), Polres Salatiga dan peran serta pihak swasta yaitu PT Kievit.

Jika animo masyarakat bagus, bukan tidak mungkin kegiatan yang masih diujicobakan ini menjadi kegiatan setiap seminggu sekali. “Kegiatan ini akan direncanakan setiap bulan sekali dengan menggandeng pihak swasta. Jika respons masyarakat bagus, ke depan akan dilaksanakan seminggu sekali,” ungkap Kepala KLH Prasetyo Ichtiarto.

Senada, Wali Kota Salatiga Yulianto mengapresiasi peran serta swasta dalam mendukung kegiatan ini. “Saya sangat mengapresiasi peran serta pihak swasta dan juga masyarakat dalam mendukung kegiatan ini. Mari bersama-sama wujudkan Salatiga menjadi tempat yang nyaman dan hijau,” katanya sesaat sebelum pelepasan balon sebagai tanda diluncurkannya CFD.

Perwakilan PT Kievit, Dwi Sutoro mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan ini. “Ini merupakan wujud Corporate Social Responsibility (tanggung jawab sosial perusahaan-red), terutama untuk menjaga kesehatan lingkungan serta mendukung upaya meraih Adipura untuk Salatiga,” jelas Dwi Sutoro.(salatigakota.go.id)