Home Lintas Jateng Arus Mudik, Frekuensi Pengecekan Rel Ditambah

Arus Mudik, Frekuensi Pengecekan Rel Ditambah

image

Karanganyar, 3/7 (Beritajateng.net) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) selama musim arus mudik Lebaran akan menambah jatah pantauan untuk pengecekan sepanjang jalur  rel kereta api agar jalur mudik kereta terpantau terus keamanannya.

Kepala Stasiun Palur Heri Sunandar menyatakan nantinya akan ada petugas penilik jalan yang setiap hari bertugas untuk melakukan pengecekan jalur kereta, yang pastinya akan semakin padat lalu lintasnya dibandingkan hari biasa.

“Untuk hari biasa, biasanya petugas penilik jalan dari PT KAI melakukan pengecekan dua kali sehari. Khusus  untuk arus mudik kali ditambah menjadi tiga kali sehari,” jelasnya di Stasiun Palur (3/7).

Biasanya ungkap Heri Sunandar, pengecekan di lakukan dari stasiun ke stasiun  mulai dari  Stasiun Solo Jebres hingga Stasiun Palur dan Stasiun Palur hingga Stasiun Kemiri, Kebakkramat  untuk memastikan keamanan  jalur kereta api

Sehingga, jika dalam pantausn tersebut ditemukan adanya mur atau baut yang kendur maka  petugas penilik jalan akan segera mengencangkannya. Demikian juga jika ditemukan ada bantalan rel yang rusak, maka akan segera di perbaiki oleh pihak  PT KAI.

“Hal itu sangat berbahaya jika tidak ketahuan. Dan harus segera diperbaiki karena bisa membahayakan laju kereta api,” ungkap Heri lagi.

Dalam sehari, setidaknya ada 50 kereta api yang melintasi stasiun Palur. Khusus untuk musim mudik lebaran, perjalanan kereta apai yang melewati Stasiun Palur akan bertambah 4 kereta api.

Penambahan empat perjalanan kereta api setiap hari  diantaranya KA Gajayana, KA Pasundan KA Sancaka dan KA Matarmaja. (BJ24)