Home Lintas Jateng Aplikasi ‘Online’ PPDB SMA-SMK di Jateng Diluncurkan

Aplikasi ‘Online’ PPDB SMA-SMK di Jateng Diluncurkan

87
0
Aplikasi 'Online' PPDB SMA-SMK di Jateng Diluncurkan
           SEMARANG, 8/6 (BeritaJateng.net) – Aplikasi untuk penerimaan siswa baru (PSB) Peserta Penerimaan Didik Baru (PPDB) 2017 jenjang SMA-SMK di Jateng yang digelar secara online resmi telah diluncurkan. Peluncuran aplikasi PPDB Online 2017 dilakukan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Rumdin Gubernur Jateng Puri Gedeh, Rabu (7/6) malam.
               Ganjar mengatakan, aplikasi PPDB Online 2017 ini bisa menjadi jawaban atas kecemasan orangtua maupun siswa lulusan SMP yang ingin mencari sekolah secara transparan. Setidaknya dengan online sistem ini, anak, orangtua, guru, dan masyarakat bisa men-download sistemnya. “Harapannya, penerimaan siswa jadi bisa transparan dan akuntable,” ujar Ganjar didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng Gatot Bambang Hastowo.
             Dikatakan, aplikasi PPDB ini juga bisa di-download melalui telepon pintar yang berbasis android di playstore. Sehingga, siswa pun bisa selalu mengetahui informasi terkait penerimaan di sekolah yang dituju secara up to date. “Kira-kira ranking anak itu tidak masuk di sekolah yang dituju, ia bisa segera ambil berkasnya dan pindah ke sekolah lain,” beber Ganjar.
             Gatot menambahkan, aplikasi PPDB Online 2017 ini memang sudah diluncurkan pada Rabu malam. Meski demikian, aplikasi ini baru bisa digunakan untuk melakukan pendaftaran secara online mulai 11-14 Juni 2017.
            “Total ada 592 sekolah yang terdiri dari 361 SMA dan 231 SMK yang pengelolaannya ada di bawah wewenang Pemprov Jateng yang menerima pendaftaran siswa didik baru secara online dengan aplikasi ini. Harapannya aplikasi ini bisa memberikan manfaat besar bagi para siswa yang ingin mencari sekolah baru,” terang Gatot.
              Ditambahkan, dari 592 sekolah yang membuka pendaftaran secara online itu menyediakan kuota 209.872 siswa atau sekitar 39 perse dari total jumlah lulusan SMP di Jateng. Siswa-siswi yang nantinya tidak terjaring dalam PPDB Online 2017 yang digelar Pemprov Jateng itu nantinya masih bisa melanjutkan jenjang ke SMA maupun SMK milik swasta.
               Di sela launching PPDB online, PT Telkom menyatakan kesiapannya menjadi penyedia jasa internet bagi jenjang SMA – SMK Jateng. “Demi kelancaran proses registrasi siswa baru secara online, Telkom pun akan menyediakan 113 server yang tersebar di 35 kabupaten/kota di Jateng,” jelas Deputi Executive Vice President Marketing Telkom Regional IV Jateng-DIY, Firdaus Riswandi, saat peluncuran aplikasi di Puri Gedeh.  (El)