Home Lintas Jateng Api Di Hutan Merbabu Belum Juga Padam

Api Di Hutan Merbabu Belum Juga Padam

Api dan kepulan asap terlihat dari pos Selo
Api dan kepulan asap terlihat dari pos Selo
Api dan kepulan asap terlihat dari pos Selo

Boyolali, 21/8 (BeritaJateng.net) – Usaha untuk memadamkan api di kawasan hutan Taman Nasional Merbabu yang berada di lereng sebelah Barat Gunung Merbab Sawangan Kabupaten Magelang yang juga berbatasan dengan wilayah Dk. Citran Ds. Jrakah, Selo, Boyolali, Jawa Tengah masih terus berlangsung.  

Informasi yang dihimpun sampai siang ini titik api yang membakar hutan kawasan Merbabu belum juga padam. Diperkirakan kebakaran terjadi karena kemarau panjang yang terjadi  belakangan ini. 

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo menjelaskan, titik api terlihat pertama kali  Dukuh Suwanting Magelang,  Rabu, (19/8/2015) siang. 

“Warga sudah berupaya padamkan api, namun api terlanjur membesar dan menyebar,” jelasnya Jumat (21/8/2015).

Hingga saat ini tim gabungan dari BPBD Boyolali, dibantu tim pemadam gabungan yang terdiri dari SAR, warga dan juga relawan serta BPBD dari wilayah terdekat  masih berupaya memadamkan api. 

Tingkat keperdulian masyarakat terhadap  bahaya kebakaran sangat tinggi. Bahkan masyarakat secara spontan langsung melakukan tindakan  pemadaman api. 

Demikian juga tim yang dipimpin langsung oleh Dandim Boyolali, bersama SAR, relawan dari Boyolali, Klaten, Magelang, Wonosobo, Solotigo, BPBD Boyolali, Klaten, Magelang, Wonosobo sejak pukul 06.00 WIB mulai bergerak memadamkan api.

Agar api tidak meluas, jelas Kurniawan Fajar Prasetyo tim membuat parit-parit agar api tidak turun dan mendekati pemukiman warga meskipun sebenarnya lokasinya masih cukup jauh dari pemukiman warga. (BJ24)